Nggak Cuma Berat Badan yang Mulai Turun, Ini 7 Tanda Dietmu Berjalan dengan Baik Bestie!

Nggak Cuma Berat Badan yang Mulai Turun, Ini 7 Tanda Dietmu Berjalan dengan Baik Bestie!

Ada beberapa ciri yang muncul saat diet yang kamu lakukan berhasil nih, Gengs! Salah satunya yang bisa kamu jadikan patokan adalah berat badan mulai turun. Namun selain penurunan berat badan, ada juga beberapa ciri yang menandakan bahwa program dietmu telah bekerja dengan baik.

Waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan akan bervariasi pada setiap orang. Berbagai faktor turut memengaruhi, salah satunya adalah pola makan yang kurang konsisten. Perlu dicatat, penurunan berat badan yang ideal sejatinya berlangsung secara perlahan.

Dikutip dari Very Well Fit, pada minggu pertama diet, umumnya seseorang tidak akan melihat perubahan besar pada tubuh. Perubahan umumnya mulai terasa pada minggu kedua hingga minggu ketiga, seperti badan yang terasa lebih enteng.

Nah, pada minggu keempat, umumnya kamu mulai kehilangan cukup berat badan. Selanjutnya, pola makan yang kamu lakoni selama diet mulai terasa seperti rutinitas normal.

Ciri-ciri Berat Badan Mulai Turun dan Dietmu Berhasil

Mengetahui ciri-ciri berat badan mulai turun membantu kamu untuk memantau kemajuan program diet yang sedang dijalani. Namun, perlu diketahui, ciri-ciri ini nggak cuma nampak secara fisik, tapi juga berbagai faktor lainnya.

Berikut beberapa ciri program diet bekerja dengan baik:

1. Jarang merasa lapar

Jika selama diet kamu mengonsumsi lebih banyak protein dan mengurangi asupan lemak serta karbohidrat, maka kamu mungkin akan selalu merasa kenyang lebih lama. Hal ini membuatmu jarang merasa lapar. Hal ini terjadi akibat asam amino dalam protein mengirim sinyal kenyang ke otak.

2. Merasa lebih baik secara psikis

Menurunkan berat badan akan berpengaruh pada kesehatan psikis, lho. Studi pada tahun 2013 menemukan, orang yang menjalani program diet merasa lebih bisa mengontrol diri dari perasaan sedih, depresi, dan cemas. Wah, cocok banget buat yang gampang overthinking!

7 Tanda Dietmu Berjalan dengan Baik Bestie! (KlikDokter)

3. Pakaian jadi lebih longgar

Pakaian yang jadi lebih longgar menjadi salah satu ciri program diet berjalan dengan baik. Artinya, kamu mengalami penurunan ukuran tubuh, khususnya pada lingkar pinggang dan perut.

3. Otot lebih kencang

Otot yang menjadi lebih kencang juga menjadi tanda bahwa program diet berjalan dengan baik. Namun, seberapa cepat perubahan pada otot akan tergantung pada jenis olahraga yang kamu lakukan. Studi tahun 2019 menemukan, perempuan lebih mungkin membangun massa otot di kaki saat mereka menjalani program diet yang dibarengi dengan olahraga rutin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"