Mitos atau Fakta: Tumbuh Gigi pada Bayi Bisa Bikin Demam? Ini Kata Ahli

Mitos atau Fakta: Tumbuh Gigi pada Bayi Bisa Bikin Demam? Ini Kata Ahli

Kebanyakan bayi mendapatkan gigi pertamanya sekitar usia 6 bulan, namun bisa juga terjadi pada usia 4 bulan atau paling lambat pada usia 15 bulan. Bahkan beberapa bayi dilahirkan dengan satu atau dua gigi! Kebanyakan balita akan memiliki mulut penuh dengan 20 gigi susu pada saat mereka berusia sekitar dua setengah tahun.

American Academy of Pediatrics mengatakan anak-anak yang sedang tumbuh gigi “sedikit berbeda dengan anak-anak yang tidak tumbuh gigi.” Dengan kata lain, tumbuh gigi seharusnya tidak menjadi gangguan besar pada masa bayi.

Tumbuh gigi dapat menyebabkan nyeri gusi ringan pada bayi, namun hal ini tidak boleh terlalu mengganggu suasana hati atau jadwal rutin mereka.

Zaskia Adya Mecca galau anaknya demam tinggi saat tumbuh gigi (grid.id)

Beberapa bayi tidak menunjukkan tanda-tanda gigi baru akan tumbuh. Namun, mereka mungkin:

1. Menjadi sedikit lebih mudah tersinggung: Rewel atau cengeng - apa pun sebutannya, mereka bukanlah diri mereka sendiri. Dan mereka mungkin sedikit lebih manja dari biasanya.

2. Memiliki air liur berlebihan

3. Memasukkan apa pun ke mulut: Hati-hati dengan jari-jarimu karena bayi yang baru tumbuh gigi lebih rentan menggerogoti, mengunyah, dan bahkan menggigit apa pun yang ada di mulutnya.

4. Gejala tumbuh gigi cenderung memuncak saat gigi mulai tumbuh, namun akan berkurang saat gigi mulai terlihat. Itu akan memakan waktu sekitar tiga atau empat hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"