Meski Terlihat Sederhana, Berikut Manfaat Melakukan Plank Secara Rutin Bagi Tubuhmu

Meski Terlihat Sederhana, Berikut Manfaat Melakukan Plank Secara Rutin Bagi Tubuhmu

Melatih otot inti secara efektif dapat meningkatkan stabilitas, mengurangi cedera, dan menjaga mobilitas. Meskipun demikian, latihan crunch sebenarnya bukan cara paling efektif untuk membentuk otot dan memperkuat intimu. Jika kamu terus-menerus melakukan sit-up di gym dengan harapan mendapatkan six-pack yang seksi, mungkin latihanmu sia-sia.

Bagaimana cara melakukannya

Untuk melatih otot inti, kamu bisa melakukan tindakan sederhana seperti plank. Latihan ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan, tapi tidak mudah juga. Hehe. Berikut ini beberapa jenis plank yang bisa kamu coba di rumah untuk melatih otot intimu:

1. High Plank. Masuk ke posisi teratas atau awal push-up. Menyimpan

Telapak tangan dan kaki menempel di tanah, punggung lurus, dan kaki lurus. Punggung atau pantat yang kendor saat melakukan plank dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Jadi, jaga postur agar tetap lurus.

2. Low Plank. Turunkan ke lengan, tekuk sikumu. Luruskan tubuh dan kaki dan pertahankan postur yang sama selama 30 detik.

Manfaat Plank

Contoh High plank (verywellfit.com)

Meski terlihat sederhana, manfaat plank sangat banyak. Berikut manfaat plank yang perlu kamu tahu:

1. Plank mengaktifkan lebih banyak otot. Plank membutuhkan otot lengan, kaki, dan seluruh perut, menjadikannya latihan menyeluruh dan cara berolahraga yang lebih efisien.

2. Plank dapat membantu memperbaiki postur tubuhmu.

Jika kamu mengalami sakit punggung karena duduk di meja kantor sepanjang hari, plank dapat membantu memperbaiki postur tubuhmu!

3. Plank dapat membantu meningkatkan fleksibilitas. Plank adalah cara yang bagus untuk meregangkan bagian bawah tubuhmu. Melakukan posisi bertahan akan memanjangkan paha belakang dan juga lengkungan kaki, menjadikan pose plank sebagai latihan kekuatan dan peregangan ganda.

4. Plank mudah dimodifikasi. Meskipun plank adalah olahraga yang bagus untuk dilakukan, plank juga dapat dimodifikasi dan ditambahkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu. Kamu bisa meningkatkan lamanya waktu menahan pose untuk memaksimalkan latihan. Mulailah dengan menahan 15 hingga 30 detik, dan tingkatkan waktu sedikit demi sedikit.

Itu tadi manfaat plank untuk tubuhmu yang ternyata keren banget. Yuk, ruting latihan plank di rumah!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"