Meski Enak, 7 Makanan Ini Perlu Dihindari agar Organ Hati Tetap Sehat!

Meski Enak, 7 Makanan Ini Perlu Dihindari agar Organ Hati Tetap Sehat!

Liver atau hati jadi salah satu organ penting dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang buruk untuk hati dan perlu kamu hindari agar ia terhindar dari penyakit.

Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia tengah dihebohkan oleh munculnya kasus hepatitis akut. Penyakit yang umumnya diderita kelompok anak ini menyerang organ hati. Hingga saat ini belum diketahui pasti apa yang jadi penyebabnya.

Para ahli menyarankan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan memastikan makanan-minuman yang dikonsumsi tetap higienis sebagai langkah pencegahan. Selain langkah pencegahan yang telah disebutkan, kamu juga bisa memperkuat kesehatan organ hati.

Salah satunya dengan menghindari beberapa makanan yang berdampak buruk untuk liver. Pada dasarnya, makanan yang kaya lemak dan gula akan memberikan dampak buruk pada hati.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa makanan yang buruk untuk hati dan harus kamu hindari dikutip dari Eating Well dan WebMD.

1. Kentang goreng

Makanan kaya lemak seperti kentang goreng atau gorengan tidak bisa menjaga hati tetap sehat. Hati bertanggung jawab untuk memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi. Terlalu banyak asupan berlemak bisa membebani hati. Kondisi ini bisa memicu penumpukan lemak di sel-sel hati.

Nggak cuma menyebabkan masalah pada hati, asupan gorengan juga bisa menyebabkan peradangan dalam jangka panjang. Peradangan diketahui menyebabkan komplikasi yang dikenal sebagai sirosis. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan juga nggak baik buat jantung, lho!

2. Sosis

Makanan yang Perlu Dihindari agar Organ Hati Tetap Sehat (KlikDokter)

Lemak jenuh adalah salah satu kandungan terburuk untuk hati. Daging olahan seperti sosis yang tinggi lemak jenuh tentu perlu dihindari.

Fatty Liver Foundation menjelaskan, lemak jenuh lebih berbahaya untuk hati daripada jenis lemak lainnya. Waduh, kurang-kurangin tuh jajan sosis bakarnya!

3. Whipped cream

Whipped cream bisa membuat sajian kue atau minuman jadi lebih nikmat. Namun, dari segi kesehatan, whipped cream bisa memberikan dampak buruk, lho.

Whipped cream mengandung banyak kalori, gula, dan lemak jenuh. Seperti semua makanan lain dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, whipped cream juga bisa merusak organ hati.

4. Minuman beralkohol



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"