Menu Makanan Sehat yang Cocok untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Menu Makanan Sehat yang Cocok untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan saat di mana banyak umat Islam di seluruh dunia berpuasa sepanjang hari selama 29-30 hari. 

Setelah seharian berpuasa, tentu tubuhmu membutuhkan asupan yang bernutrisi kaya akan cairan.

Jadi, saat pertama kali berbuka, konsumsilah banyak cairan, makanan rendah lemak, dan makanan yang mengandung sedikit gula alami untuk energi (hindari banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula). 

Nah, apa saja menu berbuka puasa yang sempurna dan sehat? Di bawah ini beberapa contohnya:

Contoh menu berbuka puasa yang sehat dan kaya nutrisi (medgo.id)

1. Minuman – air, susu, teh memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau tambahan gula. Minuman berbahan dasar susu dan buah mengandung gula dan nutrisi alami. Minuman ini juga baik untuk berbuka puasa, namun hindari minum banyak minuman dengan tambahan gula setelah berbuka karena dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.

2. Kurma – secara tradisional buah inu dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kurma adalah pilihan yang bagus untuk berbuka puasa karena kurma mengandung gula alami untuk energi.

Kurma juga menyediakan mineral seperti potasium, tembaga, mangan, dan merupakan sumber serat. Kamu juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis, atau plum, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"