Mengenal Microsleep yang Menyerang Sopir Kendaraan di Jalan Tol, Bisa Picu Kecelakaan

Mengenal Microsleep yang Menyerang Sopir Kendaraan di Jalan Tol, Bisa Picu Kecelakaan

Kecelakaan  mobil yang merenggut nyawa artis Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di jalan tol Nganjuk, Jawa Timur, pada Kamis (4/11) meman menyedihkan. Dalam kecelakaan tersebut diduga sopir  mobil alami kelelahan atau mengantuk ketika mengendarai mobil.

Dokter Tirta lewat Instagram pribadinya menyinggung tentang microsleep, sebuah gangguan kesehatan yang bisa dialami setiap sopir kendaraan di jalan Tol. Ia menduga sopir mobil Pajero Sport yang ditumpangi Vanessa dan keluarga mengalami Microsleep.

“Buat lo yang mau menyetir, pelajari tentang microsleep. Materi ini sudah dijelaskan sejak dulu oleh senior gue, teman sejawat gue, dan bahkan gue juga ikut jelasin. Makanya dibuat rest area di jalan tol biar nggak kejadian microsleep,” ujar dr.Tirta.

Kecelakaan Mobil Vanessa Angel (Kompas.com)

Microsleep sebenarnya sulit diidentifikasikan karena seseorang mungkin tertidur saat mata  mulai tertutup namun kondisnya masih mengemudikan mobil dan itu tentu sangat berbahaya jika terus dilakukan.

Beberapa gejala microsleep bisa diketahui sejak awal, misalnya seseorang tidak menanggapi pembicaraan dari orang lain, tatapan mata kosong, menundukan kepala, hingga alami sulit mengedipkan mata.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"