Mengenal Imunisasi Dasar Anak, Apa Sih Manfaatnya untuk Buah Hati?

Mengenal Imunisasi Dasar Anak, Apa Sih Manfaatnya untuk Buah Hati?

Kenapa sih pemerintah mencanangkan imunisasi anak? Bagi kebanyakan orang tua, memberikan suntikan kekebalan memang terdengar mengerikan dan merepotkan sehingga enggan memberikannya pada buah hati. Padahal, imunisasi dasar anak adalah tindakan pencegahan yang sangat penting untuk melindungi anak-anak dari penyakit serius.

Imunisasi, juga dikenal sebagai vaksinasi, adalah proses memberikan vaksin kepada anak-anak untuk memicu sistem kekebalan tubuh mereka sehingga dapat melawan infeksi tertentu. Terutama untuk orang tua baru, coba simak penjelasan berikut ini!

Jenis-Jenis Imunisasi Dasar Anak

Jenis-Jenis Imunisasi Dasar Anak Imunisasi Anak (via Alomedika)

Jenis-jenis vaksin yang diwajibkan pemerintah umumnya adalah jenis penyakit berat yang sempat menjadi wabah di masa lalu. Pemberian imunisasi diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan generasi muda. Di Indonesia, program imunisasi dasar untuk anak umumnya meliputi:

1.        Hepatitis B: Vaksinasi hepatitis B diberikan kepada bayi saat lahir, pada usia 1 bulan, dan pada usia 6 bulan. Vaksin ini digunakan untuk mencegah virus Hepatitis B yang dalam kondisi kronis bisa mengakibatkan sirosis hati dan kanker hati.

2.       BCG (Bacille Calmette-Guerin): Vaksinasi BCG diberikan kepada bayi saat lahir untuk melindungi terhadap tuberkulosis (TB).

3.       Polio: Vaksin polio penting untuk melindungi anak-anak dari virus polio yang menyebabkan kelumpuhan. Imunisasi polio biasanya diberikan dalam beberapa dosis selama masa bayi dan anak-anak.

4.      DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus): Vaksinasi DPT melindungi terhadap penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), dan tetanus. Diberikan dalam beberapa dosis pada bayi dan anak-anak.

5.       Campak, Gondok, dan Rubella (MMR): Ini adalah vaksin gabungan yang melindungi terhadap campak, gondok, dan rubella. Biasanya diberikan pada anak yang menginjak usia 12 bulan.

6.       Hib (Haemophilus influenzae type b): Vaksin ini melindungi terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri Haemophilus influenzae type b, seperti infeksi telinga dan pneumonia. Biasanya, vaksin ini diberikan dalam beberapa dosis selama masa bayi.

Setelah mengetahui imunisasi dasar apa saja yang perlu diberikan, kamu juga harus mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapat jika melakukan imunisasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"