Mengenal Apa itu Farmakogenomik, Pengobatan Modern yang Memanfaatkan Faktor Genetik

Mengenal Apa itu Farmakogenomik, Pengobatan Modern yang Memanfaatkan Faktor Genetik

Beberapa waktu lalu dalam kanal YouTubenya "Endgame". Mantan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan sempat mewawancarai Levana Sani. Seorang pendiri Nalagenetics, startup bioteknologi yang mengembangkan tes genetik yang leih terjangkau, mudah dipahami, dan terlokalisasi untuk dokter dan pasien di pedalaman Indonesia dan Asia.

Levana Sani sendiri merupakan ilmuwan Indonesia lulusan University of Southern California dan Harvard Business School. Ia juga adalah salah satu anak bangsa yang punya sumbangsih besar di bidang farmakogenomik.

Tapi, apa sih sebenarnya farmakogenomik? Yuk, kita cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

# Apa itu Farmakogenomik?

Farmakogenomik adalah gabungan antara dua bidang keilmuan yaitu Farmakologi dan genetika.

Levana Sani, CEO Nalagenetics (nalagenetics.com)

Alasan Levana Sani terjun di dunia farmakogenomik adalah karena tentu saja karena ia memang mengambil fokus studi soal genetik. Selain itu, menurut National Health Service Inggris (NHS), obat yang beredar di pasaran saat ini hanyak efektif sekitar 60% populasi.

Artinya, bisa saja sebuah obat dapat menyembuhkan atau bermanfaat bagi seseorang, tapi belum tentu untuk orang lain yang didiagnosis penyakit yang sama. Bisa saja obat tersebut malah membawa efek samping bagi si pasien. Dari ringan sampai berat atau fatal. Semua tergantung pada faktor genetika.

# Ilmu yang Mempelajari Komponen Genetik Individu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"