Mengenal Apa itu Asam Folat dan Mengapa Ibu Hamil Sangat Membutuhkannya

Mengenal Apa itu Asam Folat dan Mengapa Ibu Hamil Sangat Membutuhkannya

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang memiliki banyak peran penting untuk kesehatan, terutama  untuk kesehatan ibu hamil. Asam folat memiliki banyak manfaat seperti membantu tubuh memproduksi dan memelihara sel-sel baru, mendukung daya tahan tubuh, hingga menunjang tumbuh kembang janin. 

Asam folat biasanya ditemukan pada sayuran berdaun seperti bayam, lobak cina, kacang polong, kacang kering, sereal, biji bunga matahari serta buah-buahan dan sayuran tertentu seperti tomat, kentang jeruk.

Berikut ini beberapa manfaat penting asam folat untuk ibu hamil:

Makanan yang mengandung asam folat (cnnindonesia.com)

1. Mencegah cacat tabung saraf

Asam folat berperan penting untuk perkembangan saraf janin, dan menghindarkan bayi dari risiko terkena cacat tabung saraf seperti, anensefali dan spina bifida. Tabung saraf janin yang tumbuh ke otak dan sumsum tulang belakang bayi dilindungi oleh asam folat.

2. Membetuk Plasenta

Plasenta adalah lapisan yang terbetuk di area rahim selama masa kehamilan dan berfungsi untuk mengalirkan oksigen serta nutrisi ke janin. Asam folat dapat membantu mengoptimalkan pembentukan plasenta dalam kandungan.

3. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang kekurangan nutrisi termasuk asam folat memiliki risiko untuk mengalami preeklamsia. Preeklamsia sendiri adalah keadaan dimana tekanan darah ibu hamil meningkat dan peningkatan kadar protein dalam urine. Untuk menurunkan risiko terkena preeklamsia, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat yang cukup saat usia kandungan memasuki trimester kedua.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"