Mengapa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Tidak Baik untuk Tubuh? Ini Alasannya!

Mengapa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Tidak Baik untuk Tubuh? Ini Alasannya!

Wajar jika ingin menurunkan berat badan secepat mungkin. Namun, alangkah lebih baik jika kamu menurunkan berat badan secara perlahan dan stabil.

Itu karena sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa orang yang menurunkan berat badan secara perlahan cenderung mempertahankannya dalam jangka panjang. Menurunkan berat badan secara perlahan juga memiliki risiko kesehatan yang jauh lebih sedikit.

Meski begitu, beberapa penelitian terbaru menemukan bahwa penurunan berat badan yang cepat mungkin sama baik dan amannya dengan penurunan berat badan yang lambat. Jadi, apakah menurunkan berat badan dengan cepat itu buruk? Kita cek faktanya di sini!

Risiko Kehilangan Berat Badan dengan Cepat

Wanita yang memiliki berat badan ideal setelah diet dan olahraga dalam kurun waktu yang cukup lama (quora.com)

Meskipun kamu tergoda untuk menurunkan berat badan dengan cepat, hal ini biasanya tidak disarankan oleh para ahli.

Diet yang mendorong penurunan berat badan dengan cepat seringkali sangat rendah kalori dan nutrisi. Hal ini berisiko karena bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, terutama jika kamu mengikuti diet penurunan berat badan secara cepat selama berminggu-minggu. Berikut beberapa risiko penurunan berat badan terlalu cepat.

1. Kamu Mungkin Kehilangan Otot

Menurunkan berat badan tidak selalu sama dengan menghilangkan lemak.

Meskipun diet sangat rendah kalori dapat membantumu menurunkan berat badan dengan cepat, sebagian besar penurunan berat badan mungkin berasal dari otot dan air. 

Orang yang mengikuti diet sangat rendah kalori kehilangan otot enam kali lebih banyak dibandingkan mereka yang mengikuti diet rendah kalori.

2. Memperlambat Metabolisme



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"