Membuat Tidur Malam Lebih Lelap hingga Kurangi Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Minum Teh Pahit untuk Kesehatan

Membuat Tidur Malam Lebih Lelap hingga Kurangi Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Minum Teh Pahit untuk Kesehatan

Teh sudah menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia karena bisa dinikmati kapan saja serta punya banyak manfaat bagi kesehatan. Memiliki banyak variasi, teh yang paling berkhasiat bagi kesehatan adalah teh pahit.

Kalau kamu termasuk salah satu penggemar teh, kamu mungkin perlu melanjutkan 'tradisi' ini. Namun, pastikan teh yang dikonsumsi adalah teh pahit atau tanpa gula, ya.

Sebagaimana dilansir dari Reader's Digest, teh tanpa gula kaya akan antioksidan yang membantu perbaikan sel-sel dalam tubuh serta mengurangi risiko penyakit kritis.

"Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin. Katekin sendiri terbagi atas senyawa Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan," kata Anthony Kouri, ahli bedah ortopedi di Toledo, Ohio.

Manfaat Minum Teh Pahit Bagi Kesehatan (KlikDokter)

Berikut manfaat minum teh pahit atau tanpa gula untuk kesehatan:

1. Kulit lebih sehat

Rutin minum teh pahit dapat mengurangi risiko kanker kulit. Terutama jenis teh hitam, yang menurut Direktur Nutrisi dan Psikiatri Gaya Hidup di Massachusetts General Hospital and Faculty at Harvard Medical School Uma Naidoo, cukup efektif dalam mencegah karsinoma sel skuamosa atau salah satu jenis kanker kulit.

2. Kurangi risiko diabetes

Menyeduh teh dan meminumnya setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan. Manfaat ini akan lebih terasa bila kamu memilih jenis teh hitam usai mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa, ungkap sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

3. Gigi lebih kuat

Manfaat minum teh pahit atau teh tanpa gula juga membantu gigi jadi lebih kuat. Menurut penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut sehingga, minum teh pahit setiap hari bisa membuat gigi berlubang tidak semakin parah.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan katekin dalam teh dapat mengurangi peradangan sehingga menghambat pembentukan plak di arteri vital. Selain itu, khasiat antiinflamasi teh dapat membuat pembuluh darah rileks dan jernih sehingga mengurangi tekanan pada jantung.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"