Memahami Long Covid Syndrome, Bagaimanakah Gejalanya?

Memahami Long Covid Syndrome, Bagaimanakah Gejalanya?

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Agus Dwi Susanto SpP(K) menjelaskan bahwa Long Covid adalah suatu kondisi yang terjadi pada pasien Covid-19 yang hasil swab-nya sudah dinyatakan negatif. Gejala itu muncul bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan menetap.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyuarakan pentingnya perhatian ke fenomena Long Covid pada sejumlah pasien corona yang sudah sembuh. WHO menemukan banyak pasien Covid-19 yang sudah sembuh tidak memiliki kondisi kesehatan yang baik seperti mereka sebelum terinfeksi virus corona.

Ilustrasi Long Covid (via Tempo)

Ada banyak pasien yang seudah dinyatakan sembuh akan tetapi masih masih mengalami gejala yang sama meskipun mereka dalam kondisi yang fit. Menurut WHO, gejala Long Covid tersebut dapat muncul pada pasien anak-anak dan juga dewasa yang tidak mengalami sakit berat ketika mereka sedang terpapar virus corona.

Meskipun mengalami gejala yang sama secara berkepanjangan akan tetapi mereka yang mengalami Long Covid terbukti tidak menularkan virus corona ke orang lain. Dr. dr Agus Dwi Susanto SpP(K) menjelaskan bahwa ada sejumlah gejala yang khas dari Long Covid ini, salah satu yang paling umum yaitu kelelahan kronis, sesak napas, jantung berdebar-debar, nyeri pada sendi dan juga nyeri otot.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"