Melanie Subono Baru Saja Lakukan Pengangkatan Rahim, Begini Pengetahuan Soal Histerektomi Yang Perlu Diketahui

Melanie Subono Baru Saja Lakukan Pengangkatan Rahim, Begini Pengetahuan Soal Histerektomi Yang Perlu Diketahui

Melanie Subono baru saja selesai melakukan operasi pengangkatan rahim lantara tumor dalam tubuhnya pecah. Operasinya berlangsung di  RSCM pada Kamis (21/10/2021)  selama 6 jam.

"Setelah masuk ruang Operasi jam 7.30. Melanie keluar pada jam 13.30. Dalam operasi ke-5 ini, diangkat semua yang harus dikeluarkan termasuk uterus dan ovarian sebesar 1.3 kg sepanjang 12 cm," tulis Melanie Subono dalam unggahan Instagram-nya.

Musisi sekaligus aktivis ini juga sempat menggunakan oksigen karena saturasinya yang turun. Namun kini kondisinya sudah membaik.

Melanie Subono baru saja melakukan pengangkatan rahim (via kompas.com)

Operasi pengangkatan rahim yang dilakukan padanya itu disebut dengan istilah histerektomi. Berikut adalah beberapa kondisi yang mengakibatkan wanita harus mengalami prosedur ini.

1. Menorrhagia

Menorrhagia dikenal sebagai kondisi saat darah menstruasi keluar secara berlebih. Biasanya kondisi ini terjadi bersamaan dengan perut yang kram dan nyeri.

Walau tak semua wanita mengalaminya, ada beberapa kondisi yang saat ditangani tak berhasil menghentikan pendarahan sehingga harus dilakukan operasi.

2. Endometriosis

Kondisi ini merupakan kondisi saat sel-sel lapisan dalam rahim berada di luar rahim. Gejala umum yang sering terjadi ialah perut sakit secara ekstrem saat haid.

3. Radang panggul

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"