Mata juga Butuh Dirawat, Ini 4 Cara Merawat Mata yang Wajib Dilakukan

Mata juga Butuh Dirawat, Ini 4 Cara Merawat Mata yang Wajib Dilakukan

Mata juga butuh perawatan khusus agar tetap sehat. Berikut beberapa cara merawat mata kalian yang bisa diikuti.

Kesehatan mata bisa jadi investasi yang berharga. Tentunya kalian pengen punya mata yang masih sehat nantinya saat tua.

Jadi, jangan sia-siakan mata kalian. Ikuti saja 4 cara merawat mata berikut ini. 

1. Makan Bergizi

Makanan Bergizi (Deborah Breen Whiting from Pixabay)

Mungkin cara ini terdengar sepele, tapi jangan disepelekan ya. Kesehatan kalian dipengaruhi sama makanan yang kalian konsumsi. 

Nutrisi kayak asam lemak omega-3, lutein, zat besi, dan vitamin A, C, dan E bisa bantu menangkal masalah penglihatan. Dengan rajin makan ini, kita bisa terhindar dari katarak saat udah tua. Cobalah sering-sering makan ikan-ikanan, telur, kadang, jeruk, serta sayuran. 

2. Jangan Merokok

Taukah kalo merokok bisa bikin risiko kerusakan saraf optik, dan masalah degenerasi pada mata? Makanya, hindarilah merokok.

Kalo kalian udah merokok, coba dikurangi sedikit demi sedikit. Seperti kalian tau, selain bikin masalah mata, rokok juga memicu penyakit bahaya lainnya.

3. Pakai Kacamata Anti UV

Kacamata (Andreas Lischka from Pixabay)

Kalo kalian lagi di luar ruangan, pakailah kacamata yang bisa bantu melindungi mata kalian dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Terlalu banyak paparan sinar UV bisa ningkatin risiko katarak.

Pilihlah kacamata yang menghalangi 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB. Meski agak mahal, tapi lebih baik dilakuin demi kesehatan mata kalian.

4. Jangan Terlalu Lama Melihat Komputer dan HP

Terlalu lama ngeliat komputer bisa bikin penglihatan makin blur dan kering. Jadi, sebaiknya jangan lama-lama. Kalo kalian harus di depan komputer terus menerus, coba istirahatkan mata tiap 20 menit sekali. 

Itulah beberapa cara merawat mata. Selain tips di atas, ingatlah untuk pakai kacamata dan lensa kontak yang sesuai sama kondisi mata kalian.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"