Manfaat Minum Air Lemon Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Air Lemon Bagi Kesehatan

Di balik rasanya yang asam, lemon mengandung beragam nutrisi yang menjadikannya baik untuk kesehatan. Kamu bisa membuat air lemon dengan menambahkan air perasan lemon segar ke dalam segelas air. Kamu bisa mengiris lemon atau menggunakan alat pemeras jeruk.

Banyak sumber  mengklaim bahwa air lemon buatan sendiri memberikan manfaat kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Jeruk lemon kaya akan asam sitrat, vitamin C, asam folat, vitamin B2, dan memiliki komponen antioksidan, antiradang, dan antiaging. Berikut manfaat lemon bagi kesehatan yang perlu kamu tahu

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya, lemon mampu memperkuat system kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Kandungan antioksidan di dalam lemon juga bisa melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat minum air lemon di pagi hari (x.com)

Kandungan asam dan serat pectin pada lemon dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah. Hal ini menjadikan lemon baik untuk dikonsumsi penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C pada buah sitrus yakni lemon juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut  jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity (2019), kandungan flavonoid dalam buah sitrus seperti hesperidin dan diosmin dapat menurunkan kolesterol. Faktanya bahwa kolesterol tinggi dapat menjadi pemicu penyakit jantung.

4. Mencegah anemia

Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, sehingga sel darah merah yang sehat berkurang. Hal ini bisa membuat penderitanya mudah lelah, sulit focus, dan tidak bertenaga. Kandungan vitamin C yang ada pada lemon ternyata mampu mencegah terjadinya anemia. Vitamin C dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

5. Menjaga berat badan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"