Mampu Meningkatkan Imun dan Menurunkan Kolesterol, Simak Khasiat Bawang Putih yang Baik Untuk Kesehatan!

Mampu Meningkatkan Imun dan Menurunkan Kolesterol, Simak Khasiat Bawang Putih yang Baik Untuk Kesehatan!

Bawang putih banyak digunakan untuk bumbu dapur. Namun, tahukah kamu kalau bawang putih sudah digunakan sebagai obat sejak peradaban kuno? Bawang putih dinilai mempunyai kemampuan untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Satu siung bawang putih mentah mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin C, selenium, mangan, vitamin B6, protein, falvonoid, oligosakarida, fosfor, zat besi dan kalsium.

Walaupun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, bawang putih memiliki kalori yang cukup rendah. Diperkirakan per 100 gram, bawang putih mengandung 4 kalori.

Dilansir dari Medical News Today, ketika dihancurkan, dicincang, ataupun dikunyah, bawang putih akan membentuk senyawa belerang atau sulfur. Senyawa belerang ini nantinya akan masuk ke tubuh melalui saluran pencernaan. Setelah masuk ke tubuh, manfaat apa aja yang dapat diberikan oleh bawang putih? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Meningkatkan Imun

Menurut penelitian, bawang putih mampu meningkatkan imun tubuh. Kandungan allicin yang ada di dalam bawang putih dinilai efektif untuk membunuh bakteri. Hal ini dapat menurunkan risiko kamu untuk mengalami flu, batuk, dan radang.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Tekanan Darah Normal (KlikDokter)

Menurut penelitian, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan tekanan sistolik dan diastolik secara signifikan. Bahkan, bawang putih memiliki khasiat yang serupa dengan obat generik penurun hipertensi, yaitu atenolol.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti serangan jantung dan stroke. Dengan rutin mengonsumsi bawang putih mentah selama 90 hari, dapat membantu mengurangi hingga 13 persen kadar kolesterol.

4. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Penelitian mengungkapkan bahwa laki-laki yang rutin mengonsumsi bawang putih memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan allicin yang ada di bawang putih.

5. Mencegah Alzheimer dan Dementia

Bawang putih mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Gabungan efek bawang putih yang bersifat antioksidan, dapat menjaga tekanan darah, menurunkan kolesterol dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti alzheimer dan demensia.

6. Membantu Tubuh Mengeluarkan Logam Berat

Senyawa belerang yang ada di dalam bawang putih dapat mengeluarkan logam berat yang mengendap di tubuh. Dengan begitu, kerusakan organ akibat endapan logam berat dapat diminimalisir

7. Menjaga Kadar Gula Darah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"