Makanan Ini, Yang Bisa Bikin Orang Jepang Panjang Umur

Makanan Ini, Yang Bisa Bikin Orang Jepang Panjang Umur
Ilustrasi Orang Jepang (Halodoc)

Rasanya udah jadi rahasia umum ya kalau rata-rata orang Jepang itu sehat dan berumur panjang. 

Para ahli percaya, salah satu yang menjadi penyebabnya adalah karena pola makan mereka yang sangat bernutrisi. 

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan orang Jepang yang menurut penelitian bisa membuat panjang umur. 

1. Ikan

Salmon dan Tuna adalah makanan wajib orang Jepang. Bukan tanpa alasan, mereka mengkonsumsi ikan karena makanan ini adalah sumber asam lemak omega-3, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga aliran darah, serta bermanfaat bagi otak, mata, dan mengurangi peradangan. 

Ikan juga kaya akan selenium, yang sangat penting untuk pertahanan antioksidan dan sistem kekebalan tubuh, serta vitamin B yang membantu menjaga keseimbangan kimiawi otak.

Biasanya ikan akan diolah dalam bentuk mentah berupa Sushi dan Sashimi.

Ilustrasi Orang Jepang (The Sprutce Eats)

2. Rumput laut

Layaknya ikan, rumput laut juga banyak kandungan manfaatnya loh. Rumput laut kaya akan mineral, termasuk yodium, seng, magnesium, kalsium, kalium, dan juga mineral lain yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh, pertahanan antioksidan, dan kesehatan jantung.

Nggak heran kalau makanan ini menjadi favorit orang Jepang yang bisa membuat panjang umur. Kamu tau Nori kan? 

3. Acar sayuran

Makanan yang terkenal juga di Indonesia. Biasanya terdiri dari timun dan wortel yang difermentasi secara tradisional ini merupakan sumber probiotik alami yang bagus. 

Jika dikonsumsi secara rutin, acar sayuran dapat mendukung kesehatan pencernaan, membantu mencerna dan menyerap nutrisi dalam makanan yang dimakan, yang kemudian bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

4. Miso dan natto

Misso, yang berarti kacang fermentasi, adalah pasta yang biasa ditambahkan ke sushi, sup, dan saus salad, sedangkan natto adalah kedelai fermentasi yang lengket dan berserabut. 

Peneliti Jepang mengatakan bahwa orang dewasa yang secara teratur makan natto atau pasta misso, 10% lebih kecil kemungkinannya mengalami kematian dini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"