Lampu Disebut Bisa Membahayakan Kesehatan, Cek Dulu Faktanya!

Lampu Disebut Bisa Membahayakan Kesehatan, Cek Dulu Faktanya!

Bagi sebagian orang tidur dalam keadaan gelap adalah hal yang menyeramkan. Karena itu mereka lebih memilih untuk tetap menyalakan lampu ketika tidur. Padahal tidur dengan menyalakan lampu bisa membahayakan kesehatan  lho.

Sebuah studi dalam jurnal PLOS Biology mengatakan bahwa cahaya dapat mempengaruhi ritme tubuh manusia sehari-hari dan dapat menyebabkan gangguan saat tidur.

Melansir healthline, menurut sebuah penelitian, kombinasi antara cahaya lampu dan sinar matahari yang terlalu banyak akan menimbulkan dampak negatif pada kesehatan dan produktivitas manusia.

Lampu Bisa Membahayakan Kesehatan (via Grid)

Para peneliti mengatakan bahwa cahaya dapat mempengaruhi pola tidur seseorang dan kewaspadaan melalui sel khusus yang terdapat pada mata yang disebut melanopsin. Melanopsin merupakan sel yang paling sensitif terhadap cahaya yang berada di bagian tertentu dari spektrum visual.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan para peneliti juga menemukan fakta lain yaitu tidur meski hanya dengan cahaya redup, seperti televisi tanpa suara, ternyata dapat meningkatkan detak jantung dan kadar gula darah seseorang dengan usia yang masih muda dan sehat.

Saat mata tertutup ketika tidur, cahaya yang redup tetap dapat masuk ke dalam kelopak mata dan mengganggu tidur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"