Lakukan 6 Cara Ini Agar Tak Mudah Ngantuk saat Hari Raya

Lakukan 6 Cara Ini Agar Tak Mudah Ngantuk saat Hari Raya

Selain menahan lapar dan haus di siang hari, tantangan yang paling umum dirasakan bagi pekerja selama berpuasa di bulan Ramadan adalah menahan rasa kantuk.

Rasa kantuk dan lemas yang muncul di siang hari, terlebih saat puasa, adalah hal yang lumrah. Hal ini dikarenakan siklus jam tidur yang mengalami perubahan serta tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi selama lebih dari 12 jam. Tubuh lemas dan rasa cepat mengantuk pun tidak bisa dihindari.

Puasa bukan alasan agar kamu jadi tak bersemangat menjalani hari. Kamu bisa kok tetap semangat dan nggak gampang ngantuk meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Nah, buat yang merasa sering ngantuk saat puasa, berikut tips yang bisa dilakukan selama puasa Ramadan:

1. Tidur Lebih Awal

Ilustrasi Tidur Lebih Awal Membuat Kamu Bangun dengan Kondisi Lebih Segar (Sociolla)

Tidur 7-8 jam sehari masih bisa diperoleh dengan pengaturan jadwal yang tepat. Jika biasanya tidur pukul 23.00, khusus bulan puasa bisa dimulai jam 22.00 dan bangun pukul 03.00 untuk menyiapkan serta makan sahur. Kekurangan jam tidur bisa diganti dengan memanfaatkan waktu istirahat siang atau di sela kegiatan harian.

2. Mencoba Power Nap

Power nap adalah tidur selama 20 menit di sela kegiatan untuk mengembalikan stamina. Tips ini biasa dilakukan para pekerja yang merasa ngantuk saat mengendarai mobil atau motor jarak jauh.

Tidur bisa dilakukan di dalam mobil atau tempat lain yang lebih tenang. Power nap sebaiknya tidak lebih dari 20 menit karena tidur berisiko lebih nyenyak, yang justru menimbulkan rasa lelah berkelanjutan.

3. Ganti Pemandangan

Bila seharian menghadap layar komputer terus, mata akan terasa lelah sehingga kamu jadi cepat mengantuk. Untuk itu, usahakan untuk mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang. Alihkan pandangan kamu dari layar selama 20 detik. Ulangi terus setiap 20 menit. Hal ini akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar.

4. Berjalan Kaki atau Bergerak

Ketika kamu sudah merasakan kantuk yang sangat berat saat bekerja, ada baiknya kamu berjalan kaki sejenak. Manfaat dari jalan kaki adalah dapat memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot.

Saat kamu sedang bekerja di atas kursi, ada baiknya kamu beranjak dari kursi, lalu berjalan kaki atau bergerak selama 10 menit atau lebih. Hal ini juga dapat dilakukan ketika kamu sedang WFH saat bulan puasa. WFH bukan alasan untuk bermalas-malasan ya.

5. Cari Sinar Matahari

Rasa kantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata kamu. Bila cahaya meredup, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat sehingga kamu jadi mengantuk.

Untuk itu, nyalakan lampu ruangan atau carilah sinar matahari langsung. Misalnya, di luar ruangan atau cari kaca yang terpapar langsung cahaya sang surya.

6. Perhatikan Pola Makan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"