Kopi Arabika Aman Dikonsumsi Penderita GERD, Ini Faktanya

Kopi Arabika Aman Dikonsumsi Penderita GERD, Ini Faktanya

Menikmati secangkir kopi di pagi hari atau saat sedang ngobrol asik bersama teman seakan menjadi ritual wajib bagi para pecinta kopi. Namun bagi penderita GERD, menikmati secangkir kopi harus melewati berbagai macam pertimbangan agar masalah asam lambung mereka tidak kambuh, salah satunya adalah memilih jenis kopi yang aman dikonsumsi .

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau yang lebih dikenal dengan istilah asam lambung adalah penyakit yang disebabkan karena melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah. 

Arabika Adalah Jenis Kopi yang Aman Dikonsumsi Penderita GERD (via Lifestyle Kompas)

Biasanya, gejala awal penyakit asam lambung ditandai dengan bibir terasa pahit, dada dan ulu hati mengalami rasa perih atau panas seperti terbakar. Lantas, jenis kopi apakah yang aman bagi para penderita GERD?

Di Indonesia, ada dua jenis kopi yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, yakni kopi jenis robusta dan arabika. Robusta dikenal memiliki rasa pahit sedangkan arabika memiliki ciri khas rasa lebih asam. Perbedaan lain dari dua jenis kopi ini juga terletak pada aroma serta ketinggian tanah untuk menanamnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"