Kisah Wanita yang Alami Kanker Tulang, Awalnya Disangka Hanya Pegal Biasa

Kisah Wanita yang Alami Kanker Tulang, Awalnya Disangka Hanya Pegal Biasa

Wanita bernama Hani Hanafiah asal Bandung menjadi viral usai membagikan kisahnya yang menderita kanker tulang osteosarkoma.

Di tahun 2021, ibu satu anak ini awalnya sering merasa pegal di bagian tangan kanan. Kemudian ia berpikir jika pegal-pegal yang ia rasakan hanyalah pegal biasa. Apalagi saat itu dirinya masih aktif menyusui anaknya yang berusia 1 tahun.

"Cuman lama-lama pegalnya itu sampai nggak normal. Sampai tangan saya kayak lumpuh gitu nggak bisa gerak satu tangan, sampai sakitnya parah," ucapnya saat dihubungi detikcom, Minggu (17/9/2023).

Karena semakin pegal tak tertahankan, Hani lalu berkunjung ke beberapa dokter, mulai dari dokter umum, hingga dokter spesialis.

Kisah wanita mengidap kanker tulang (via tiktok)

"Jadi dari satu tahun itu saya berjuang buat ngelawan rasa pegal-pegal yang nggak normal ini. Saya pakai koyo hampir setiap hari, terus saya juga sempat diurut tuh karena memang sakit," katanya lagi.

Hani berharap usai diurut, kondisi pegalnya bisa membaik. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Tangan kanannya malah mengalami pembengkakan.

"Dari situ saya mulai dirujuk untuk ronsen, setelah ronsen ototnya tuh nggak keliatan dan harus di MRI. Nah saya di MRI dari sana kemungkinan tumor tulang dan harus dibiopsi. Setelah biopsi ternyata kanker tulang," imbuh Hani.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"