Kisah Manusia yang Hidup Tanpa Jantung

Kisah Manusia yang Hidup Tanpa Jantung

Kebayang gak sih manusia hidup tanpa jantung gengs? Dan ternyata ada loh yang menjalani hidup tanpa paru-paru.

Awalnya dari sebuah penyakit kronis, kerusakan pada organ jantungnya, seorang pria mampu bertahan karena terobosan tim dokter.

Manusia Tanpa Jantung

Manusia Tanpa Jantung Jantung (Klikdokter.com)

Sebuah kisah ini terjadi pada Craig Lewis, orang pertama yang hidup tanpa memiliki jantung karena penyakit kronis yang ia derita.

Saat itu diketahui dalam kondisi yang amat memperihatinkan. Bahkan alat pacu jantung pun tak bisa menyelamatkan.

Akhirnya para dokter dan ahli penyakit jantung pun membuatkan sebuah trobosan yang rvolusioner, dimana mereka menciptakan sebuah alat yang bernama pompa aliran kontinu.

Alat inilah yang menggantikan peran jantung menyuplai darah ke seluruh tubuh. Perangkat ini bekerja dengan baling-baling yang berfungsi untuk memompa darah terus menerus di seluruh tubuh.

Sebelum diterapkan pada Craig Lewis alat ini telah di uji coba pada 55 anak sapi.

Hasilnya, setelah dipasang pada sapi-sapi percobaan tersebut ternyata mereka dapat berprilaku normal seperti biasa, meski hidup tanpa jantung.

Melihat kembali kondisi awal Craig Lewis memang sangat mengkawatirkan, dimana ia divonis mengidap penyakit amiloidosis yang sudah parah.

Dikutip dari Mayo Clinic amiloidosis merupakan penyakit langka yang dapat mempengaruhi berbagai organ dan menyebabkan gagal organ yang mematikan.

Immunoglobulin light chain (AL) amyloidosis adalah jenis paling umum dari amiloidosis, juga dikenal sebagai amiloidosis primer.

Kondisi ini merupakan akibat dari antibodi abnormal yang dihasilkan oleh sumsum tulang yang dapat mempengaruhi hati, ginjal, jantung, kulit dan saraf seperti yang dialami Craig Lewis.

Akibat penyakit yang dideritanya itu, Craig Lewis bahkan divonis hanya mampu bertahan hidup selama 12 jam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"