Ketahui Penyebab Umum Gusi Berdarah Agar Kesehatan Mulut Tetap Terjaga

Ketahui Penyebab Umum Gusi Berdarah Agar Kesehatan Mulut Tetap Terjaga

Jika gusi mengalami masalah, hal ini tentunya akan berdampak juga ke kondisi gigi dan mulut kamu. Gusi yang sering berdarah bisa menjadi tanda adanya penyakit pada gusi, bahkan mungkin mengindikasikan kondisi gangguan kesehatan yang lebih serius.

Mungkin menemukan sedikit darah saat menyikat gigi bukanlah hal yang menyenangkan. Tapi jangan khawatir, kondisi ini seringnya tidak berbahaya, dan beberapa tindakan dapat membantumu mengembalikan kesehatan gusi. Berikut beberapa penyebab umum kenapa gusi bisa sampai berdarah:

1. Kebersihan Gigi dan Mulut

https://www.pexels.com/

Kebiasaan menyikat gigi yang kurang konsisten atau yang tidak dilakukan dengan baik dan benar bisa berujung pada radang gusi. Pendarahan pada gusi adalah gejala awal gingivitis. Gingivitis harus segera ditangani agar tidak berkembang menjadi periodontitis. Penyakit periodontal adalah infeksi pada jaringan yang menahan gigi  pada tempatnya. Ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang buruk yang memungkinkan plak — lapisan bakteri yang lengket — menumpuk di gigi dan mengeras.

2. Karang Gigi

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"