Ketahui Hoax dan Fakta Tentang Tekanan Darah Tinggi Biar Nggak Salah Kaprah

Ketahui Hoax dan Fakta Tentang Tekanan Darah Tinggi Biar Nggak Salah Kaprah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri yang meningkat dan menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah. Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah sekitar 100–140 mmHg dan 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Hipertensi adalah faktor risiko utama untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan penyebab penyakit ginjal kronis. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi risiko terkait komplikasi kesehatan.

Ada banyak mitos tentang penyakit hipertensi yang masih dianggap benar oleh masyarakat, padahal faktanya belum tentu benar. Berikut ini adalah beberapa mitos dan fakta seputar hipertensi yang penting untuk diketahui:

1. Tekanan Darah Tinggi Nggak Berbahaya

https://www.pexels.com/

Masyarakat masih menganggap kalau tekanan darah tinggi sering dianggap nggak berbahaya karena jarang menunjukkan gejala. Faktanya, hipertensi yang dibiarkan tanpa penanganan bisa merusak pembuluh darah dan berbagai organ, seperti otak, jantung, mata, dan ginjal. Dalam jangka panjang, hipertensi dapat menyebabkan kematian jika nggak ditangani dengan tepat, lho. Orang-orang medis sering menyebut penyakit ini sebagai silent killer.

2. Hipertensi Nggak Dapat Dicegah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"