Kenapa Tubuh Jadi Lebih Gampang Sakit Saat Musim Hujan, Ya? Ini Penjelasan Pakar Epidemiologi

Kenapa Tubuh Jadi Lebih Gampang Sakit Saat Musim Hujan, Ya? Ini Penjelasan Pakar Epidemiologi

Saat musim hujan tiba, maka akan datang pula dengan sederet masalah kesehatan lainnya. Bahkan diyakini, saat musim hujan penyakit akan lebih mudah menyerang sehingga tubuh kita akan lebih mudah sakit. Apalagi saat ini, pandemi Covid-19 juga belum berakhir.

Benarkah demikian? Berikut penjelasan Dosen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) Laura Navika Yamani, S.Si., M.Si., Ph.D.

Laura menuturkan, musim hujan menyebabkan daya tahan tubuh turun sehingga berbagai penyakit infeksi lebih mudah menembus pertahanan tubuh.

Tubuh Jadi Lebih Gampang Sakit Saat Musim Hujan (Ayo Indonesia)

"Sama halnya pada negara-negara dengan empat musim, biasanya daya tahan tubuh menurun ketika musim dingin. Saat musim hujan atau musim dingin produksi dari sel imunitas akan menurun," jelas Laura dikutip dari laman UNAIR, Senin (29/11/2021).

Adapun sejumlah penyakit yang muncul saat musim hujan adalah Influenza, Diare, juga Covid-19 karena gejalanya pun mirip dengan Influenza.

"Ketika hujan besar menyebabkan banjir dan genangan air. Ini juga bisa menyebabkan sumber-sumber infeksi pada air yang terkontaminasi. Jadi bisa Diare, Influenza, ataupun Covid-19," katanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"