Kenali 7 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Jangan Nunggu Sampai Diabetes!

Kenali 7 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Jangan Nunggu Sampai Diabetes!

Sepertinya sedikit sekali orang yang gak suka makanan manis di dunia ini. Terutama es krim, kue, permen, soda, minuman kemasan, dan sebagainya. Makanan dan minuman manis memang dikenal bisa bikin kita berenergi dan mood kita jadi bagus.

Tapi tentu saja, kelebihan asupan gula itu gak baik. Sebab gula dan karbohidrat olahan itu gak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Sedihnya lagi, makanan-makanan manis dan minuman kemasan dengan label "sehat" atau "rendah lemak" justru kebanyakan sama berbahayanya dengan makanan enak yang tanpa embel-embel itu. 

Sama halnya seperti minuman bersoda less sugar atau kue-kue. Intinya sih, semua yang manis atau sudah melalui proses pengolahan panjang atau ultra proses sangat berbahaya untuk tubuhmu.

Nah, untuk memastikan apakah kamu selama ini mengkonsumsi terlalu banyak gula atau tidak. Kamu harus baca 7 tanda-tanda kelebihan asupan gula berikut ini:

1. Lemas dan Kurang Energi

Pankreas adalah organ yang bertugas melepaskan insulin untuk membantu mentransfer glukosa ke sel tubuh. Nah, kalau glukosa sudah terpenuhi, kita nantinya akan butuh lagi untuk memproduksi energi di waktu berikutnya. Kalau kamu kelebihan gula, kerja pankreas jadi semakin berat, dan kamu justru akan merasa kelelahan.

2. Penuaan Dini

Penuaan dini akibat kelebihan gula (klikdoter.com)

Kelebihan konsumsi gula akan membuat kerusakan protein, elastisitas dan kolagen. Jadi kamu akan punya kerutan di wajah sebelum waktunya. Risiko ini adalah efek kulit jangka panjang. Jadi, usahakan jangan konsumsi manis-manis berlebih ya!

3. Lapar yang Terus Menerus

Makanan manis itu bisa membuat otak melepaskan dopamine, sama seperti obat-obatan terlarang. 

4.  Insomnia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"