Kalo Sedih, Nangis Aja Gapapa! Ternyata Menangis Punya Manfaat Buat Kesehatan Tubuh dan Mental, Lho!

Kalo Sedih, Nangis Aja Gapapa! Ternyata Menangis Punya Manfaat Buat Kesehatan Tubuh dan Mental, Lho!

Setiap orang pasti pernah menangis, entah karena film yang menyentuh, peristiwa yang membuat stres di rumah atau di tempat kerja, bahkan kabar baik sekalipun juga bisa membuat kamu meneteskan air mata. Sebagian besar orang bisa membiarkan air mata mengalir begitu saja. Namun, ada juga yang malu-malu menyimpan ekspresi perasan ini. Padahal, menangis punya manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh serta mental, lho. Berikut penjelasannya!

1. Menangis sebagai alternatif metode detoksifikasi

https://www.pexels.com/

Seorang ahli biokimia, William Frey, melakukan beberapa penelitian terkait menangis yang inovatif pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Hasil dari penelitian tersebut, diketahui bahwa air mata membantu membersihkan tubuh dari racun yang tidak diinginkan alias detoksifikasi. Secara kimia, air mata iritasi (seperti dari memotong bawang) dengan air mata emosional memiliki perbedaan. Air mata emosional diketahui memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, hal ini mungkin disebabkan oleh pelepasan produk sampingan stres.

2. Sebagai pembersih alami dari bakteri

Manfaat lain dari menangis adalah membantu membunuh bakteri yang ada di sekitar. Kok bisa? Menurut jurnal Plos Pathogens, air mata mengandung enzim yang bernama lisozim. Enzim ini merupakan jenis protein yang berfungsi untuk menghancurkan molekul berbahaya.

3. Menangis bisa meningkatkan gairah fisik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"