Jangan Sampai Salah, Inilah 5 Hal yang Harus Dihindari Jika Ingin Punya Tubuh Sehat

Jangan Sampai Salah, Inilah 5 Hal yang Harus Dihindari Jika Ingin Punya Tubuh Sehat

Berbagai cara telah dilakukan seseorang demi mendapatkan tubuh yang sehat. Kendati demikian, ada banyak hal keliru yang terkadang masih sering dilakukan.

Kebanyakan dari mereka terlalu fokus pada kesehatan fisik dan mengabaikan kesehatan mental. Padahal, ada banyak hal yang bisa terjadi ketika mental seseorang mulai terganggu.

Masalah kesehatan mental yang memengaruhi perilaku makan seseorang dikenal sebagai gangguan makan. Karena masalah ini bersifat psikologis, diagnosis sering kali dilakukan dengan terlambat.

Padahal, identifikasi dini tanda dan gejala gangguan makan dapat membantu mengurangi risiko prognosisnya dan memfasilitasi perawatan tepat waktu.  

Dilansir dari Times Now News pada Kamis (17/3/2022), kebiasaan makan tertentu, betapapun problematisnya, telah dinormalisasi dalam masyarakat yang membahayakan kesehatan mental beberapa individu. Ini juga menambah beban gangguan makan.

Berikut lima hal yang harus dihindari jika ingin mendapatkan tubuh sehat:

1. Jangan berolahraga berlebihan

Olahraga berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan harus dihindari. Selain itu, ini adalah tanda gangguan makan dan digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Kelaparan yang dipaksakan

Tidak makan bukanlah cara yang tepat untuk menurunkan berat badan. Praktik makan "kurang" telah dinormalisasi dan digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan ekstra. Namun, ini dapat menyebabkan makan yang tidak teratur dan lebih berbahaya bagi tubuh daripada kebaikan dengan menghilangkan nutrisi penting.

Ilustrasi Kelaparan (KlikDokter)

3. Menghafal konten kalori

Pernahkah kamu mendengar tentang permainan kalori?  Ini adalah permainan populer namun bermasalah yang melibatkan daftar makanan dan menebak kandungan kalorinya. Namun, menghafal kalori bisa menjadi tanda gangguan makan karena menghitung kalori sering digunakan orang untuk menghindari konsumsi makanan berkalori tinggi.

4. Menghilangkan kelompok makanan

Tubuh membutuhkan berbagai nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Berlawanan dengan kepercayaan populer, lemak, dan karbohidrat sama pentingnya dengan protein dan vitamin dan tidak boleh dihilangkan dari makanan. Tidak makan sejumlah kelompok makanan bisa menjadi tanda makan tidak teratur dan tidak boleh dibiarkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"