Jangan Salah! Kopi Juga Bisa Memicu Kelelahan hingga Mengantuk Lho, Simak Penjelasannya

Jangan Salah! Kopi Juga Bisa Memicu Kelelahan hingga Mengantuk Lho, Simak Penjelasannya

Ada banyak orang yang langusng memutuskan untuk meminum kopi ketika rasa kantung menyerang padahal ia harus tetap bekerja. Bahkan, sebagian lainnya wajib meminum kopi di pagi hari agar bisa fokus dalam menjalani kegiatan sehari-hari. 

Bukan tanpa alasan, kafein dalam kopi umumnya disebut bisa membuat peminumpnya terjaga dan lebih berenergi. Namun di sisi lain kafein ternyata juga bisa memicu rasa lelah, lho. 

Dilansir dari India Express, Selasa (21/9/2021), "Paradoks kafein adalah bahwa dalam jangka pendek, kafein membantu perhatian dan kewaspadaan. Ini membantu beberapa tugas kognitif, dan membantu tingkat energi," kata Mark Stein, seorang profesor di Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku di University of Washington. 

Kopi Juga Bisa Memicu Kelelahan hingga Mengantuk (Nescafe)

"Tetapi efek kumulatif atau dampak jangka panjang memiliki efek sebaliknya," imbuhnya. 

Masih dikutip dari India Express, Seth Blackshaw, seorang ahli saraf di Universitas Johns Hopkins yang mempelajari tidur mengatakan bahwa para peneliti masih mempelajari tentang bagaimana tekanan tidur terbentuk di dalam tubuh.

Tetapi sepanjang hari, sel dan jaringan kita menggunakan dan membakar energi dalam bentuk energi molekul yang disebut adenosin trifosfat atau ATP.

Saat ATP itu dikeluarkan sel kita menghasilkan bahan kimia yang disebut adenosin sebagai produk sampingan. Adenosin itu terus mengikat reseptor di otak, membuat kita lebih mengantuk.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"