Jangan Langsung Dibuang! Ternyata Biji Pepaya Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Jangan Langsung Dibuang! Ternyata Biji Pepaya Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Saat memotong pepaya, biasanya bijinya akan langsung dibuang. Padahal, manfaat biji pepaya sangat baik bagi kesehatan, lho! Nggak usah kaget! Emang sih banyak yang belum tahu, kok Gengs.

Nah, berikut beberapa kandungan biji pepaya yang bermanfaat:

- Serat

- Flavonoid 

- Polifenol

- Likopen, dan lain sebagainya.

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Biji Pepaya (KlikDokter)

Selanjutnya, mari kita bahas lebih lanjut manfaat biji pepaya untuk kesehatan:

1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat biji buah pepaya yang pertama adalah bisa membantu tubuh mengatasi radikal bebas. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biji pepaya kaya akan antioksidan polifenol dan juga flavonoid. Antioksidan tersebut dapat bermanfaat untuk melawan berbagai radikal bebas yang sering kita temukan setiap hari.

2. Melindungi Tubuh dari Infeksi

Selain menangkal radikal bebas, antioksidan yang terkandung dalam  biji pepaya dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi umum, seperti batuk, serta banyak penyakit kronis lainnya. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat biji pepaya tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Dalam sebuah studi, ekstrak biji pepaya dapat membantu mencegah kerusakan ginjal tikus yang sebelumnya diinduksi toksin. Biji berwarna hitam ini dipercaya bisa mencegah kerusakan oksidatif sel dan melindungi fungsi ginjal. Namun, karena studi masih dilakukan pada hewan, perlu lebih banyak penelitian pada manusia.

4. Menjaga Kesehatan Usus

Sebuah studi pernah membuktikan bahwa enzim di dalam biji pepaya dapat membunuh bakteri dan parasit di usus. Enzim tersebut dinamakan proteolitik. Mengonsumsi makanan yang mengandung enzim tersebut dapat menjaga organ pencernaan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"