Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini, Jika Tak Ingin Cepat Tua!

Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini, Jika Tak Ingin Cepat Tua!

Memiliki wajah yang awet muda tidak hanya bisa diwujudkan dengan rutin berolahraga dan menghindari paparan sinar matahari berlebih aja, lho.

Pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi juga memiliki pengaruh yang besar terhadap apa yang akan kita tuai kelak. Kita tahu ada beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga tubuh tetap awet muda seperti teh hijau misalnya.

Sayangnya, ada beberapa makanan yang juga berpengaruh buruk pada efek penuaan di diri kita. Jenis pangan tersebut bisa memicu penuaan lebih cepat dari seharusnya sehingga kulit tidak lagi elastis dan sehat.

Wah, makanan apa aja tuh?

1. Makanan Pedas

Ilustrasi Makanan Pedas (KlikDokter)

Makanan pedas memang sangat nikmat dan cocok disantap kapan aja, apalagi pas cuaca mendung atau hujan. Namun sebaiknya kita menguranginya jika tak mau terlihat tua lebih cepat.

Untuk diketahui, makanan pedas dapat memperburuk kulit yang rentan terhadap rosacea, suatu kondisi kulit yang umum terjadi pada wanita menopause. Efeknya dapat melebarkan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan kulit memerah atau terlihat bernoda.

2. Daging Olahan

Daging olahan seperti ham, nugget, atau sosis bukan hanya buruk pada kesehatan jantung atau memicu kenaikan berat badan. Efeknya juga bisa membuat kulit dehidrasi, bahkan menurunkan kadar kolagen dan menyebabkan peradangan, lho.

Kandungannya yang tinggi lemak jenuh, natrium dan sulfit merupakan penyebab utamanya. Sebaiknya kurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan ini jika tak ingin cepat terlihat tua, ya.

3. Margarin

Kita lebih familiar dengan penggunaan margarin daripada butter. Padahal butter sebenarnya lebih baik untuk tubuh khususnya jika ingin tetap menjaga penampilan hingga usia senja.

Margarin mengalami terlalu banyak proses pengolahan dan bermutu rendah. Setiap olesannya mengandung minyak terhidrogenasi parsial, alias lemak trans, yang dapat membuat kulit kita lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet (UV).

4. Alkohol

Bagi penikmat alkohol, minuman ini bisa menjadi pelengkap yang menyenangkan untuk makanan tertentu atau momen khusus. Namun kebiasaan ini akan membuat kulit dehidrasi yang tentunya akan memengaruhi kondisi kulit kita.

Kulit manusia terdiri dari 64 persen air sehingga kondisi dehidrasi bisa dengan mudah memengaruhi penampilannya. Alkohol juga menyebabkan kulit terlihat bengkak, serta hilangnya kolagen akan memicu kerutan.

5. Makanan manis



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"