Jangan Ditahan, Menangislah Karena Itu Sehat… Begini Alasan Medisnya~

Jangan Ditahan, Menangislah Karena Itu Sehat… Begini Alasan Medisnya~

Hidup tuh emang ada aja masalahnya. Ya patah hati, berantem sama teman, masalah keluarga, masalah keuangan, drama di kampus atau kantor, atau semua hal yang menyebalkan datang pada saat yang sama. Rasanya tuh sebel, sedih, marah, campur aduk!

Nggak usah ditahan, kalau mau nangis, lepasin aja! Kamu nggak perlu takut dibilang cengeng, lemah, atau lebay karena nangis pas lagi stres. Lagian, menangis itu normal, sehat, dan udahannya bikin kamu ngerasa lebih baik lho. 

Nggak percaya? Coba aja cek alasan medisnya ya~

Mengurangi stres

Mengurangi stres Menangis (thealternativeviewfinder.com)

Waktu menangis, mau itu cuma beberapa tetes atau bahkan super heboh sampai sesegukan, rasanya bakalan enak banget. Kayak semua yang udah ditahan-tahan, akhrinya lepas juga. 

Menurut penelitian di St. Paul-Ramsey Medical Centre, orang-orang yang abis nangis ngerasa lebih baik. Soalnya, saat kamu netesin air mata, racun dalam tubuh dan hormon stres pun ikutan lepas. 

Dalam air matamu itu, ada hormon stres yang namanya adrenocorticotropic (ACTH). Ketika dikeluarin si ACTH ini juga ikutan pergi. Terus udahannya, kamu jadi lebih santai~ 

Perasaan jadi lebih lega

Perasaan jadi lebih lega Menangis (outrageouslove.com)

Waktu kamu nangis, sebenarnya kamu tuh sedang meluapkan emosi. Ini juga bagian dari ekspresi diri. Makanya, nggak usahlah ditahan-tahan. Biarin aja kamu ngerasain semua emosi, lalu biarkan dia pergi. 

Tau nggak sih kalau saat menangis, kamu bisa menghadirkan katarsis. Jadi katarsis ini merupakan kelegaan secara emosional setelah mengalami berbagai ketegangan batin. Makanya, pas udah nangis tuh rasanya lega banget, nyaman, dan rileks. 

Kalau udah ngerasa lebih baik, dampaknya kan kamu pun jadi bisa berpikir lebih tenang dalam menghadapi masalah. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"