Jangan Disepelekan! Berikut Ini Efek Buruk Melihat HP Terus Menerus dalam Waktu Lama

Jangan Disepelekan! Berikut Ini Efek Buruk Melihat HP Terus Menerus dalam Waktu Lama

Ponsel kita memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita menghabiskan banyak waktu menatap ponsel kita, tanpa menyadari bahwa semakin lama waktu yang kita habiskan di depan ponsel, semakin besar risiko mata kita mengalami kerusakan.

Salah satu masalah paling umum yang disebabkan oleh layar ponsel dan perangkat digital adalah ketegangan mata digital. Ketegangan mata digital, juga dikenal sebagai sindrom penglihatan komputer atau sekelompok gejala yang disebabkan oleh fokus visual yang intens pada layar digital.

Gejala paling umum dari penggunaan layar dalam waktu lama adalah:

Ketegangan mata

Mata kering

Sakit mata

Sakit kepala

Penglihatan kabur

Penglihatan ganda

Mata berair

Iritasi mata

Sebagian besar gejala ketegangan mata digital menyebabkan perubahan sementara. Namun, gejala dapat meningkat atau berlanjut tanpa pengobatan, sehingga mengurangi kemampuan visual. Duh, serem juga ya?

Ilustrasi anak makan sambil main HP (rey.id)

CAHAYA BIRU DARI LAYAR PONSEL

Cahaya biru adalah cahaya dengan panjang gelombang lebih pendek. Itu bukan hal baru, dan itu tidak hanya berasal dari layar ponsel. Bahkan matahari memancarkan cahaya biru. Kamu mungkin lebih akrab dengan sinar UV dan efek merusaknya. Meskipun gelombang cahaya biru tidak sekuat gelombang UV, masih ada banyak potensi risiko.

Paparan sinar biru yang terlalu lama merusak penglihatan dan kesehatan mata dengan merusak retina. Retina, yang terletak di bagian belakang mata, sangat penting untuk mengubah cahaya menjadi sinyal. Sinyal-sinyal itulah yang dipahami otak kita sebagai penglihatan.

Layar ponsel, dan perangkat digital lainnya, menghasilkan cahaya biru berbeda dari sumber alami. Akibatnya, cahaya biru lebih banyak tersebar di mata, menciptakan lebih banyak noise visual. Stimulasi berlebihan menyebabkan ketegangan mata.

TIDUR DAN KESEHATAN MATA



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"