Jangan Digunakan! Berikut 6 Alat Masak yang Berbahaya dan Harus Dihindari Karena Mengandung Bahan Berbahaya

Jangan Digunakan! Berikut 6 Alat Masak yang Berbahaya dan Harus Dihindari Karena Mengandung Bahan Berbahaya

Memasak tak hanya bertujuan menyajikan makanan yang bisa mengenyangkan dan menghasilkan energi. Memasak juga harus memperhitungkan nutrisi masakan, kesehatan orang yang dimasakkan, dan dampak yang muncul dari kegiatan memasak. Ternyata susah ya? 

Jika memasak dengan beberapa jenis perkakas bisa membantumu menambah manfaat kesehatan tambahan. Di sisi lain, ada beberapa bahan yang dapat menimbulkan ancaman kesehatan jika kamu memasak makanan menggunakan beberapa alat masak berbahan tertentu.

Berikut ini beberapa bahan peralatan masak yang sebaiknya Anda hindari dalam memasak makanan:

1. Keramik

Peralatan memasak keramik memang sering dipilih untuk menumis makanan karena nyaman dan kelihatan bagus. Namun, bagian yang menyedihkan adalah sebagian besar peralatan masak dengan lapisan keramik memiliki lapisan yang sangat tipis dan di bawahnya mungkin terdapat lapisan aluminium yang dapat menimbulkan bahaya kesehatan yang serius digunakan untuk memasak makanan. 

Jadi, jika kamu harus menggunakan peralatan masak dari keramik, pastikan kamu membeli yang alat masak yang 100% keramik atau yang lapisannya sangat tebal sehingga tak mudah mengelupas

2. Aluminium

Alat aluminium (jambi.tribunnews.com)

Aluminium adalah logam tirotoksik. Jika digunakan untuk memasak makanan, dapat dengan mudah larut dalam makanan dan kemudian menyebabkan gangguan hati, sembelit, kelumpuhan bahkan menyebabkan gangguan otak.

3. Granit

Peralatan granit juga dapat menimbulkan kondisi kesehatan yang serius karena dilapisi dengan zat berbahaya yang disebut tetra fluoro ethylene. Kenyataannya adalah, kebanyakan peralatan masak tersebut yang dibilang berbahan granit tidak sepenuhnya terbuat dari granit tetapi hanya terlihat seperti itu, bagaimanapun juga, tidak sehat untuk memasak.

4. Peralatan Masak Anti Lengket



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"