Jangan Diabaikan, Ternyata Leher Belakang Berwarna Hitam Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius, Ini Faktanya

Jangan Diabaikan, Ternyata Leher Belakang Berwarna Hitam Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius, Ini Faktanya

Pernahkah kamu melihat seseorang dengan leher  belakang berwarna hitam. Beberapa dari kamu mungkin menganggap warna kulit  yang menebal dan hitam di leher itu sebagai sisa kotoran yang tidak bersih dibilas saat mandi. Padahal perubahan warna kulit di leher tersebut bisa menjadi tanda menderita penyakit serius.

Foto: Leher Hitam (IDN Times)

Kulit di leher sendiri memang rentan terhadap penggelapan, baik karena hormon atau paparan sinar matahari. Namun dalam istilah medis, leher menghitam ini disebut dengan istilah acanthrosis nigricans (AN). Kondisi ini membuat kulit menjadi gelap dan tebal bahkan sampai terasa seperti beludru yang bertekstur.

Warna kulit yang menggelap umumnya tidak hanya terjadi di sekitar leher tetapi juga di area lain yang memiliki lipatan, seperti kulit ketiak atau selangkangan. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama anak-anak. Tapi di sisi lain, kulit yang menghitam dan menebal ini ternyata juga berhubungan dengan kadar insulin dalam tubuh seseorang.

Jadi kalau kamu atau anak kamu memiliki kulit menghitam di bagian belakang leher, itu artinya kamu cenderung memiliki kadar gula tinggi atau rentan mengalami diabetes. Penting untuk menemui dokter agar dapat mengetahui penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat. Tapi selain menjadi tanda awal diabetes, leher hitam ini juga menunjukkan berbagai masalah lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"