Jangan Anggap Remeh! Berikut 7 Manfaat Penting Olahraga Menguatkan Otot

Jangan Anggap Remeh! Berikut 7 Manfaat Penting Olahraga Menguatkan Otot

Mempertahankan otot adalah salah satu aspek terpenting dari kesehatan jangka panjang dan umur panjang.

Banyak orang belum tahu pentingnya membangun otot yang kuat. Itulah kenapa kebanyakan dari kamu hanya terpaku pada diet atau pola makan tanpa membangun otot. Padahal itu sama saja dengan kehilangan sebagian besar teka-teki kesehatan dan kebugaran.

Nutrisi dari makanan sendiri bukanlah jawaban untuk kesehatan jangka panjangmu. Nutrisi menyediakan blok bangunan untuk tubuhmu, sementara itu kamu memerlukan latihan kekuatan untuk memberi tahu tubuhmu apa yang harus dilakukan dengan nutrisi itu.

Semakin banyak otot yang kita miliki saat tubuh kita mulai rusak, semakin lama kita dapat bertahan dengan fungsi fisik kita.

Ya, otot kencang memang terlihat bagus. Tetapi nilainya jauh melampaui penampilannya. Berikut tujuh cara otot menopang tubuh dan pikiranmu:

Gatotkaca, tokoh dalam pewayangan yang memiliki otot kuat tulang besi (kompasiana.com)

1. Otot membantu mengatur gula darah.

Mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat yang dikombinasikan dengan tak pernah olahraga dapat memicu obesitas dan diabetes. 

Hati dan otot rangka manusia bertugas menyimpan glukosa sebagai glikogen. Namun, jika kamu tidak berolahraga secara teratur, dan lebih khusus lagi, berlatih dengan beban, kamu akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan karbohidrat. Jika kamu tidak punya tempat untuk meletakkannya, gula darah naik, pankreas mengeluarkan insulin, dan kamu menyimpan lemak. Semakin banyak otot yang kamu miliki, semakin banyak ruang penyimpanan yang kamu buat untuk glukosa.

2. Otot membangun kekuatan dan stamina.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"