Jaga Kesehatan Mental dan Tetap Waras dengan Cara Ini

Jaga Kesehatan Mental dan Tetap Waras dengan Cara Ini

Pandemi Covid-19 yang telah melanda kurang lebih setahun belakangan ini membuat banyak orang mengalami gangguan mental di dalam kehidupannya akibat perubahan yang ada.

Meskipun gangguan mental tersebut masih terbilang ringan. Kesehatan mental sendiri dikenal sebagai kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Beberapa langkah sederhana ini bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental, diantaranya: 

1. Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri 

Penelitian menunjukkan bahwa cara berpikir seseorang dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan dirinya sendiri. 

Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kita jadi lebih optimis. 

2. Tuliskan Hal-Hal yang Patut Disyukuri

Ilustrasi Bersyukur (Pijar Psikologi)

Rasa syukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa syukur adalah membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap harinya. 

Secara umum merenungkan rasa terima kasih juga efektif, tetapi kamu perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan tersebut dalam hati.

3. Fokus pada Satu Hal dalam Satu Waktu

Fokus kepada tujuan mampu melepaskan emosi negatif atau sulit dari pengalaman masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. 

Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu kamu untuk fokus. Ketika pikiran kamu terbang melayang hingga menyebabkan kamu overthinking, maka bawa saja kembali kepada apa yang kini tengah kamu lakukan.

4. Olahraga



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"