Inilah 4 Sumber Karbohidrat Kompleks Pengganti Nasi yang Baik Untuk Kesehatan

Inilah 4 Sumber Karbohidrat Kompleks Pengganti Nasi yang Baik Untuk Kesehatan

Akhir-akhir ini, kita mulai banyak melihat orang-orang yang secara ekstrim memutuskan untuk tidak lagi mengkonsumsi nasi putih. Hal ini dikarenakan, nasi putih dianggap tinggi akan kalori dan gula. Sementara di sisi lain, banyak orang yang menggemarinya karena cocok disandingkan dengan semua jenis makanan. Nasi putih sendiri tersusun atas tiga komponen utama, yaitu serat, pati, dan gula (karbohidrat sederhana).

Diketahui dari Medline Plus, pada dasarnya karbohidrat sederhana adalah gula. Sebab, itulah komponen utama yang terkandung di dalamnya. Jenis karbohidrat ini lebih mudah dicerna oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Beberapa sumber makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, diantaranya adalah susu, kue, soda, roti putih, permen, dan makanan tinggi gula lainnya.

Sedangkan, karbohidrat kompleks lebih banyak tersusun oleh pati dan serat, sehingga akan lebih lama untuk mencernanya. Hal ini dikarenakan molekul gula dalam zat tersebut memiliki rantai yang lebih kompleks. Sehingga kadar gulanya cenderung lebih rendah. Oleh karena itu kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan pasokan energi pun tersedia dalam durasi yang lebih panjang.

Karena alasan itulah, orang-orang mulai mengganti nasi putih mereka dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks karena dianggap lebih sehat. Apalagi, karbohidrat kompleks juga bisa digunakan untuk mempercepat penurunan berat badan. Berikut ini sejumlah makanan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatanmu!

1. Gandum

https://www.pexels.com/

Selain kaya serat, gandum juga kaya akan protein dan mineral. Sebaiknya gantilah tepung, pasta, dan rotimu dengan yang berbahan dasar gandum.

2. Ubi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"