Ini Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Minum Kopi, Kurangi Selepas Tengah Hari, Ya!

Ini Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Minum Kopi, Kurangi Selepas Tengah Hari, Ya!

Banyak dari kita langsung membuat kopi dan meminumnya begitu terbangun dari tidur apalagi jika dirasa masih mengantuk. Hal ini karena, banyak orang yang menganggap bahwa minuman yang satu ini dapat meningkatkan fokus serta menambah energi dalam menghadapi hari. Eits, tunggu dulu! Emangnya benar bisa begitu?

Dikutip dari Live Strong, sejatinya tidak masalah bagi orang yang tidak memiliki riwayat penyakit tertentu untuk langsung meminum kopi di pagi hari. Mereka bahkan bebas-bebas aja untuk menikmati kopi kapanpun. 

Namun sebaliknya, bagi mereka yang memiliki kebutuhan kesehatan khusus, penting untuk memperhatikan kapan waktu terbaik dan terburuk dalam menikmati kopi. Sebab, kebanyakan orang kerap minum kopi di waktu yang tidak tepat sehingga perut masih dalam keadaan kosong dan dampaknya bagi tubuh juga tidak baik.

"Pasangkan kopi kamu dengan makanan seimbang, seperti protein dan kaya lemak untuk pelepasan kafein yang lambat. Kafein saat perut kosong dapat meningkatkan kortisol dan menyebabkan masalah gula darah," ujar Kylene Bogden, RD, penasihat kesehatan untuk Love Wellness.

"Jika kopi membantu kamu merasa waspada dan fokus tanpa gangguan energi, ini biasanya pertanda baik. Namun, jika kamu merasa cemas, gelisah, kelaparan, depresi, mual, dan tidak bisa tidur, maka pikirkan lagi mengenai minum kopi di waktu yang tepat," tambahnya.

Lalu, kapan kira-kira waktu terbaik dan terburuk untuk minum kopi? Berikut penjelasan selengkapnya. Yuk, simak lebih lanjut!

Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

1. Minum Kopi Satu Jam setelah Bangun Tidur

Seperti diketahui, kopi memiliki kandungan kafein dan stimulan yang dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Menurut Bogden, kortisol adalah hormon dalam tubuh yang dapat membantu mengatur metabolisme, sistem kekebalan, dan gula darah.

Tingkat kortisol dalam tubuh kita secara alami akan mengalami lonjakan sekitar 30 sampai 45 menit setelah bangun tidur. Menurut sebuah studi tahun 2016 silam, dalam jurnal Emotion mengungkapkan, itu karena kortisol merangsang metabolisme tubuh sehingga akan membuat tubuh seseorang memiliki lebih banyak energi. Oleh karena itu, untuk menghindari lonjakan kortisol yang besar, minum kopi dianjurkan sekitar satu jam setelah kamu bangun tidur. 

"Beberapa penelitian mengatakan bahwa kortisol masih tinggi saat kamu bangun tidur, jadi lebih baik menunggu dan meminumnya (di pagi hari) ketika kortisol lebih rendah," ujar, Lauren Slayton, MS, RD, Ahli gizi sekaligus pendiri Foodtrainers.

Ilustrasi Waktu Terbaik dan Terburuk buat Minum Kopi (detikHealh - Detikcom)

2. Minum Kopi 30 Menit Sebelum Berkegiatan Ekstra

Waktu minum kopi yang terbaik selanjutnya adalah sebelum memulai kegiatan ekstra yang begitu padat. Beberapa orang mungkin memulai hari mereka dengan kopi, sementara yang lain meminumnya ketika mereka membutuhkan energi ekstra seperti sebelum berolahraga.

"Efek kopi terasa segera setelah meminumnya. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan olahraga atau memiliki pekerjaan penting yang harus dilakukan, maka saya sarankan untuk minum kopi 30 menit sebelumnya," jelas Slayton.

Sejalan dengan hal tersebut, jurnal Neuroscience and biobehavioral menyebutkan bahwa kebiasaan minum kopi sebelum berkegiatan akan memberikan lebih banyak energi.

"Minum kopi sebelum latihan dapat membantu kamu sebelum dan saat berolahraga. Karena akan memberikan kamu lebih banyak energi, membantu lebih fokus, serta mengurangi rasa sakit," tulis keterangan dalam jurnal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"