Ini Dia 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan dan Alasannya

Ini Dia 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan dan Alasannya

Seringkali, setelah makan besar, kita secara alami merasa mengantuk. Kamu bahkan terkadang kembali tidur setelah makan siang. Atau kamu yang perokok biasanya akan langsung merokok setelah makan.

Sementara yang lain suka minum secangkir teh karena sudah kebiasaan, dan memang enak saja. Ternyata, banyak dari kebiasaan ini justru merugikan. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 hal yang sebaiknya kamu hindari segera setelah makan:

1. Tidur

Kamu mungkin pernah melakukan ini: tidur sesudah makan siang atau makan malam. Padahal, tidur membuat makananmu tidak tercerna sama sekali! Tidur siang segera setelah makan juga tidak membuat rileks.

2. Merokok

Cara mengatasi perilaku merokok (p2ptm.kemkes.go.id)

Banyak yang bilang merokok setelah makan ssama dengan merokok 10 batang rokok sekaligus. Tidak peduli apakah perkataan itu benar atau salah, merokok berbahaya bagi tubuh.

3. Mandi

Mandi setelah makan memperlambat pencernaan. Darah di sekitar perut mengalir ke bagian tubuh lain saat mandi alih-alih membantu pencernaan.

4. Makan Buah

Makanan yang berbeda dicerna dengan kecepatan berbeda. Makanlah buah-buahan terlebih dahulu karena paling mudah dicerna. Buah-buahan sebaiknya dimakan satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Buah-buahan tidak akan tercerna dengan baik jika kamu memakannya langsung setelah makan.

5. Teh

Daun teh bersifat asam dan akan mempengaruhi proses pencernaan. Jika kamu mengonsumsi protein dalam makanan, asam dari teh akan mengeraskan kandungan protein sehingga sulit dicerna. Minum teh segera setelah makan juga akan mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. Hindari teh satu jam sebelum dan sesudah makan.

Itu tadi 5 hal yang sebaiknya kamu tidak lakukan setelah makan. Jadi kalau terbiasa merokok atau minum teh setelah makan, sebaiknya stop sekarang deh!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"