Ini Cara Mengetahui Apakah Kamu Merasakan Tidur yang Berkualitas

Ini Cara Mengetahui Apakah Kamu Merasakan Tidur yang Berkualitas

Tidur berkualitas adalah salah satu pilar terpenting dari kesehatan kita secara keseluruhan. Namun, banyak orang yang sulit untuk mengukur apakah mereka benar-benar tidur secara berkualitas. Inilah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk mengetahuinya.

1. Berapa lama kamu tidur

Durasi tidak menjamin kualitas tidur. Namun, menurut dokter ahli chiropraktik dan kedokteran fungsional, Stacie Stephenson, D.C., CNS, lama jam tidur diri pribadi adalah salah satu hal pertama yang harus diketahui ketika mengukur seberapa baik kamu tidur.

Ingat, tidak semua orang membutuhkan tidur selama delapan jam, jadi mengetahui berapa lama tidur yang cukup untuk sendiri adalah hal yang penting.

2. Bagaimana perasaanmu saat bangun tidur

Nggak semua orang senang bangun pagi. Jadi, ketahui bagaimana perasaanmu ketika bangun dan mulai bergerak.

Menurut Stephenson, ini adalah faktor penting lainnya yang harus diperhatikan. Dia menyarankan untuk menganalisa apakah kamu bangun dengan peraan siap untuk menjalani hari itu atau justru merasa lelah dan lesu. Jika kamu merasa berenergi, itu adalah pertanda kualitas tidur sudah baik.

Cara Mengetahui Apakah Kamu Merasakan Tidur yang Berkualitas (Shutterstock)

3. Seberapa sering kamu bangun

Bangun satu atau dua kali di malam hari adalah hal yang normal, misalnya untuk buang air kecil, suara anak yang terbangun, atau karena gangguan eksternal lainnya.

Masih menurut Stephenson, "Tidur yang benar-benar berkualitas baik berarti tidur terus-menerus sepanjang malam atau bangun tidak lebih dari sekali."

4. Bagaimana perasaanmu di siang hari

Salah satu indikasi terbaik tentang bagaimana kualitas tidur adalah bagaimana perasaanmu di siang hari. Menurut spesialis tidur dan penulis The Sleep Solution, W. Chris Winter, MD, cobalah jawab pertanyaan seperti, "Seberapa mengantuk saya di siang hari? Apakah saya mengantuk saat bekerja atau saat rapat? Apakah saya sangat ingin tidur siang sepanjang waktu?". Jika kamu menjawab ya, ini semua bisa berarti bahwa kualitas (atau kuantitas) tidur kamu tidak bagus.

Stephenson juga menambahkan agar kamu memerhatikan kinerja dan mood di siang hari. Hal-hal seperti mudah lupa, susah berkonsentrasi, lekas marah, dan mengantuk, maka dapat diartikan secara umum bahwa ini adalah tanda-tanda tidur yang kurang nyenyak.

"Jika kamu merasa waspada dan mampu berkonsentrasi, dan tidak merasa tergoda untuk tidur siang, maka mungkin kamu sudah tidur berkualitas," tambahnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"