Ini Alasan Mengapa Wanita Perlu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Ini Alasan Mengapa Wanita Perlu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Masing-masing orang tentu membutuhkan waktu tidur yang berkualitas. Namun ternyata, penelitian mengungkap jika wanita butuh lebih banyak tidur daripada pria.

Bahkan dari studi terbaru, tidur 7 hingga 8 jam saja tidaklah cukup. Sebab, para wanita menggunakan lebih banyak otaknya daripada pria.

Hal ini diungkapkan oleh Dr Sonam Simpatwar. Dokter Rumah Sakit Dr Babasaheb Ambedkar Smarak itu mengatakan jika wanita paling butuh tidur 20 menit lebih lama.

Ilustrasi orang tidur (via freepik)

Kebutuhan tidur antara pria dan wanita berbeda karena kerja otaknya yang juga berbeda. Otak wanita dinilai lebih kompleks shingga mereka sangat mampu mengerjakan banyak tugas di wakutu yang sama. Itu sebabnya, wanita butuh istirahat lebih banyak.

"Tidur penting bagi otak untuk memulihkan dan memperbaiki diri. Meskipun hanya ada sedikit data tentang tidur dan gangguan tidur pada wanita, penelitian menunjukkan bahwa wanita mungkin memerlukan lebih banyak tidur daripada pria untuk memulihkan diri dari aktivitas sehari-hari," kata dokter Sonam kepada India Today.

Temuan itu juga didukung oleh dokter lain yang menyebut jika aktivitas wanita dengan banyak peran adalah penyebab mereka harus banyak tidur. "Dibanding pria, wanita cenderung lebih banyak mengerjakan banyak tugas sekaligus karena mereka mengurus semua kebutuhan orang di rumah.

"Umumnya, wanita lebih mengutamakan tanggung jawab mereka daripada kesehatan mereka. Itu menguras tenaga mereka secara mental dan emosional," kata psikolog Sumalatha Vasudeva dari Rumah Sakit Gleneagles BGS di Bangalore.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"