Ini 20 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok Buat Kamu yang Lagi Diet

Ini 20 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok Buat Kamu yang Lagi Diet

Diet belakangan ini kembali menjadi tren di segala kalangan, selain dari segi kecantikan, diet juga disarankan bagi mereka yang menderita beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, jantung koroner, dan sebagainya.

Namun, hingga kini masih banyak orang yang salah mengartikan diet dengan tidak makan. Padahal memerhatikan asupan makanan menjadi salah satu kunci sukses diet, lho.

Daripada percaya sumber yang tidak bertanggungjawab, ada banyak sekali aplikasi yang dapat membantu kita mencatat asupan kalori. Tujuannya, agar kita tahu jumlah kalori makanan yang kita asup termasuk kandungan gizinya.

Agar target diet tercapai, pastikan asupan kalori harian tak melebihi jumlah kalori yang dibakar,ya. Selain itu, pastikan pula makanan yang kita konsumsi tak hanya rendah kalori, tetapi juga padat nutrisi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah pilihan makanan rendah kalori yang mengenyangkan dan cocok bagi orang-orang yang sedang mengejar target diet:

Ilustrasi Diet Rendah Kalori (KlikDokter)

1. Telur

Nggak cuma praktis dan mudah didapat, telur juga padat nutrisi. Menurut Fatsecret, kalori sebutir telur adalah sekitar 74 kalori, dengan lemak 4,97 gram, karbohidrat 0,38 gram, dan protein 6,29 gram.

Menurut sebuah penelitian, makan telur saat sarapan bisa membuat kita lebih kenyang dan pada akhirnya mengurangi keinginan mengasup kalori terlalu banyak di waktu makan berikutnya.

Selain kandungan gizi makro yang telah disebutkan, telur juga kaya akan asam amino, antioksidan, dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

2. Apel

Semua buah pada dasarnya baik. Tapi, beberapa buah bisa memberikan efek mengenyangkan yang lebih besar sehingga membuat kita secara tidak langsung mengurangi asupan makan.

Salah satunya adalah apel. Tak hanya menyehatkan, apel juga rendah kalori dan baik bagi kesehatan. Satu porsi apel potong (125 gram) mengandung sekitar 57 kalori dan hampir 3 gram serat sehingga baik untuk kesehatan usus. Buah ini juga kaya akan vitamin C.

3. Pepaya

Meski banyak yang tak suka dengan aromanya, namun pepaya kaya akan nutrisi, lho. Seperti apel, pepaya juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Seporsi pepaya potong (sekitar 100 gram) menyediakan hampir 70 persen dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Wah, bisa bikin kenyang juga ternyata.

4. Brokoli

Brokoli punya rasa yang renyah dan begitu lezat ketika dimasukkan ke dalam menu masakan. Nggak hanya enak, brokoli juga dikatakan sebagai salah satu sayuran paling bernutrisi di dunia dan yang terpenting rendah kalori.

Satu porsi brokoli (91 gram) hanya mengandung sekitar 31 kalori dan mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C harian rata-rata orang. Sayuran ini juga dikatakan dapat membantu melawan kanker.

5. Kaldu

Ada banyak jenis kaldu, termasuk kaldu ayam, sapi, hingga sayuran. Biasanya, kita menikmati kaldu berupa sup atau menu masakan lainnya. Kalori dan kandungan gizi setiap kaldu pun berbeda-beda.

Kaldu sayuran misalnya, mengandung hanya sekitar 12 kalori per mangkuk. Mungkin jumlah kalorinya terlalu rendah dan tak terlalu relevan secara gizi, namun kaldu dapat membantu membuat kita merasa kenyang atau menambah kelezatan sup sayuran yang akan kita makan. Pada akhirnya, secara tidak langsung kita akan mengonsumsi lebih banyak sayur karena rasanya enak.

Sementara kaldu miso hanya mengandung sekitar 40 kalori per porsi (245 mililiter). Kita bisa mendapatkan manfaat nutrisi lebih dengan menambahkan sayuran tinggi serat atau tahu tinggi protein.

6. Kubis atau Kol

Kubis biasanya memiliki daun berwarna hijau atau ungu dan biasa diolah menjadi menu sayur seperti sop atau salad. Satu porsi kol (100 gram) mengandung sekitar 25 kalori dan hanya 5 gram karbohidrat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"