Heboh Ibu Ida Dayak Obati Orang yang Kena Stroke dan Tulang Bengkok: Apakah Benar Aman?

Heboh Ibu Ida Dayak Obati Orang yang Kena Stroke dan Tulang Bengkok: Apakah Benar Aman?

Nama Ibu Ida Dayak sedang menjadi perbincangan setelah dirinya mengakui bisa mengobati berbagai penyakit. Dirinya pun sempat dijuluki sebagai wanita sakti karena pernah mengobati pasien stroke dan tulang bengkok.

 

Dirinya melakukan pengobatan dengan cara tradisional. Bahkan ketika ia melakukan pengobatan di GOR Kostrad, Cilodong, Depok, banyak orang yang datang untuk antri.

 

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, tampak ibu Ida Dayak begitu sukses meluruskan tangan pasien yang mulanya bengkok.

 

Ibu Ida Dayak, yang viral karena dianggap bisa menyembuhkan berbagai penyakit (insertlive)

 

Lalu, apakah dari sisi medis ini aman dilakukan?

 

Seorang konsultan bedah tangan di Mayapada Hospital,  dr Oryza Satria, SpOT, berkomentar soal keamanan pengobatan tradisional yang biasanya dilakukan Ida Dayak. Baginya, semua pengobatan itu tergantung dari prosedur yang dilakukan.

 

"Kalau tindakan pengobatan tradisional ini aman atau tidak, itu jawabannya relatif ya," ucap dr Oryza dilansir dari detikcom, Selasa (4/4).

 

"Boleh saja dilakukan tindakan dengan teknik tradisional seperti apa pun, asalkan memenuhi prinsip tata laksana di bidang medis ortopedi yaitu, 'first do not harm'," jelasnya.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"