Hati-Hati, Kebiasaan Menggigit Kuku Bisa Sebabkan Hal Ini!

Hati-Hati, Kebiasaan Menggigit Kuku Bisa Sebabkan Hal Ini!

Saat membaca, mendengarkan orang lain berbicara, menonton televisi, atau saat pikiran sedang mengawang, tanpa sadar kamu atau beberapa orang lain bisa menggigit kuku. 

Kebiasaan menggigiti kuku ini atau secara medis dikenal sebagai onychophagia, adalah gangguan perilaku umum yang memengaruhi 20-30 persen populasi manusia di berbagai penjuru dunia. 

Selain bisa membuat kuku tidak sedap dipandang, kebiasaan gigit-gigit kuku juga memberi efek buruk terhadap kesehatan, salah satunya adalah sakit perut. Apa benar? Simak ulasannya, yuk!

Ilustrasi Kebiasaan Menggigiti Kuku (KlikDokter)

Menggigit kuku biasanya dilakukan saat bosan, saat sedang tidak melakukan apa pun, atau merupakan keturunan dari kebiasaan di keluarganya. Jika kamu memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera dihilangkan, ya Gengs! 

Pasalnya, menggigit kuku mampu meningkatkan risiko beberapa penyakit. Menggigit kuku juga bisa menimbulkan infeksi pada kuku dan area sekitarnya. 

Kebiasan ini pun sering dikaitkan dengan penyebab gangguan pencernaan. Kuman yang berada pada tangan dan kuku bisa masuk ke dalam saluran cerna ketika kamu menggigit kuku. Dampaknya adalah infeksi saluran pencernaan yang kemudian menyebabkan diare, mual, dan sakit perut.

Dengan penjelasan di atas, jelas bahwa menggigit kuku harus dihentikan untuk alasan kesehatan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"