Habis Melakukan Vaksin Covid-19? Sebaiknya Hindari Dulu Deretan Makanan Ini Ya

Habis Melakukan Vaksin Covid-19? Sebaiknya Hindari Dulu Deretan Makanan Ini Ya

Vaksin Covid-19 akan bekerja efektif jika didukung dengan asupan makanan yang baik. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari dulu jika habis melakukan vaksin, biar nggak sia-sia.

Seperti yang kita tau, nutrisi pada makanan punya peran penting dalam kemanjuran vaksin. Berdasarkan hasil studi yang dirilis oleh jurnal PLoS, mereka menemukan kalau gizi yang baik adalah kunci utama untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap vaksin.

Dengan kata lain, kamu perlu banget nih buat perhatiin apa aja asupan nutrisi untuk kekebalan tubuh, termasuk sebelum maupun sesudah di vaksin.

Vaksin Covid-19 (bbc.com)

Selain itu, ada sebuah studi yang sengaja dilakukan untuk mengetahui apa aja sih hal-hal atau persiapan yang mesti dilakukan saat vaksinasi. Nah, studi ini diterbitkan dalam jurnal Advance Social Sciences & Humanities dengan hasil pengamatan pada 49 studi yang dilakukan selama kurang lebih tiga dekade terakhir.

Lalu, apa hasilnya? Hasilnya, stres adalah pemicu utama yang dapat mempengaruhi kinerja si vaksin. Setelah itu baru diikuti dengan pola makan yang juga memiliki peranan yang besar.

Itu sebabnya, kalo kamu pengen ningkatin sistem kesehatan tubuh secara menyeluruh, sebaiknya kamu mulai terapin deh pola makan yang mengandung serat tinggi. Sekaligus minum air lebih banyak setiap hari.

Kamu juga disaranin nih buat berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol. Bahkan sejumlah negara memberikan larangan tegas ke masyarakatnya untuk nggak minum alkohol setelah vaksin. Khawaitnya, alkohol bisa ngasih efek samping yang nggak diharapkan.

Nah, biar lebih jelas, berikut beberapa penjelasan soal makanan apa saja yang patut dihindari setelah vaksin Covid-19.

1. Minuman bersoda atau yang mengandung tinggi gula



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"