Gak Perlu Obat! Ikuti 7 Cara Ini Agar Cepat Sembuh dari Flu

Gak Perlu Obat! Ikuti 7 Cara Ini Agar Cepat Sembuh dari Flu

Flu (atau influenza) disebabkan oleh virus. Meskipun tidak ada obat untuk flu, ada pengobatan alami yang dapat membantu meredakan gejala flu. Mereka juga dapat membantu mempersingkat berapa lama kamu terserang flu.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang terserang flu, coba ikuti 10 tips ini ya!

1. Minum Banyak Air dan Cairan

Minum air putih dan cairan lain sangatlah penting saat kamu terserang flu. 

Air membantu menjaga kelembapan hidung, mulut, dan tenggorokan. Air juga membantu tubuhmu menyingkirkan lendir dan dahak yang menumpuk. 

Beberapa cairan yang bisa kamu konsumsi, selain air mineral adalah: teh, air kelapa, kuah sup, jus buah, buah-buahan kaya air, kuah kaldu.

2. Banyak-Banyak Istirahat 

Banyak-banyak istirahat saat flu menerpa (yesdok.com)

Penting untuk beristirahat dan tidur lebih banyak saat kamu terserang flu. Tidur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Cara ini membantu tubuhmu melawan virus flu. 

3. Konsumsi kaldu hangat

Minum kaldu tulang ayam atau sapi hangat adalah cara yang baik untuk membantumu tetap terhidrasi. Kaldu hangat membantu melonggarkan dan memecah hidung tersumbat dan sinus.

Kaldu tulang juga secara alami tinggi protein dan mineral seperti natrium dan kalium. Minum kaldu adalah cara yang baik untuk mengisi kembali nutrisi ini saat kamu sedang flu. Plus, protein penting untuk membangun kembali sel-sel kekebalan tubuh.

4. Tingkatkan asupan zinc-mu

Mineral zinc penting untuk sistem kekebalan tubuh zinc. Nutrisi ini membantu tubuhmu membuat sel darah putih yang melawan kuman. Penelitian menunjukkan bahwa zinc dapat membantu meringankan gejala pilek dan flu. Zinc membantu tubuh Anda melawan virus flu dan dapat memperlambat seberapa cepat virus itu berkembang biak.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen zinc atau multivitamin zinc selama musim flu. Atau, mengkonsumsi makanan yang tinggi zinc seperti: daging merah, kerang, kacang-kacangan, buncis, kacang polong, kacang, biji, produk susu, telur.

5. Kumur Air Garam



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"