Efek Vaksin Moderna Disebut Lebih 'Ganas' dari Sinovac dan AztraZeneca Usai Disuntik ke Tubuh

Efek Vaksin Moderna Disebut Lebih 'Ganas' dari Sinovac dan AztraZeneca Usai Disuntik ke Tubuh

Vaksin moderna sebanyak 3 juta dosis sudah tiba di Indonesia beberapa waktu lalu. Vaksin asal Amerika Serikat ini secara khusus diperuntukan untuk para tenaga kesehatan atau nakes yang menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Artinya para nakes melakukan vaksinasi dosis ketiga dengan moderna mengingat banyak para nakes yang terpapar COVID-19 hingga meninggal dunia meskipun sudah disuntik vaksin dengan jenis sinovac dan aztrazeneca. Diharapkan imun tubuh para nakes semakin kuat usai disuntik moderna.

Vaksin moderna kabarnya memiliki efek yang lebih terasa dibandingkan sinovac dan aztrazeneca. Misalnya tubuh seseorang akan alami nyeri sendi, otot, nyeri di bekas suntikan, kelelahan, mual-mual, hingga demam dan pusing selama beberapa hari.

Vaksin Moderna (Kompas.com)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga memaparkan efek moderna bagi para nakes yang sudah melakukan vaksinasi. Ia mengatakan bahwa banyak para nakes yang mengalami efek pada tubuhnya usai disuntik  moderna. "Vaksin moderna dirasakan oleh para tenaga medis,"kata Anies kepada awak media saat meninjau proses vaksinasi dosis tiga.

Sementara itu biasanya para nakes yang alami efek pasca vaksinasi memutuskan untuk istirahat satu sampai dua hari. Maka proses vaksinasi para nakes harus bertahap agar jika ada nakes yang sedang beristirahat, pelayanan kesehatan tetap berjalan karena diisi oleh nakes lain yang tidak vaksin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"