Dipercaya Mampu Sembuhkan Demam Berdarah, Inilah 5 Manfaat Kemangi Yang Jarang Diketahui

Dipercaya Mampu Sembuhkan Demam Berdarah, Inilah 5 Manfaat Kemangi Yang Jarang Diketahui

Para penggemar kuliner pasti familiar dengan daun kemangi. Ya, daun kemangi banyak dimanfaatkan sebagai lalap menu makanan atau menjadi campuran bahan masakan.

Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak. Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkih dan rasanya pahit.

Daun kemangi mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, B, C, betakaroten, kalsium, magnesium, fosfor, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, flavonoid, arginin, anetol dan boron.

Selain mengandung vitamin dan aktioksidan, daun kemangi bersifat antiimflamasi, antikanker, dan analgesik. Daun kemangi cukup mudah didapatkan di pasar tradisional sampai pasar modern. Harga daun kemangi pun relatif murah.

Berikut manfaat daun kemangi sebagai obat herbal:

1. Demam Berdarah

https://www.unsplash.com/

Daun kemangi dipercaya bisa menurunkan demam dan demam berdarah. Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup tumbuk daun kemangi dan daun cendana sampai halus. Tempelkan tumbukan daun kemangi ke dahi. Opsi lainnya, anda dapat merebus daun kemangi dan kapulaga dengan setengah liter air. Lalu rebus sampai mendidih setelah itu bagi dua sama rata. Minum air rebusan daun kemangi dua kali sehari.

2. Masuk angin dan perut kembung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"