Diet saat Bulan Puasa, Why Not? Ini Tips Supaya Badan Tetap Sehat dan Nggak Lemes!

Diet saat Bulan Puasa, Why Not? Ini Tips Supaya Badan Tetap Sehat dan Nggak Lemes!

Nggak kerasa kita sudah kembali memasuki bulan puasa ya, Gengs. Apa aja nih rencana yang akan kamu lakukan di bulan yang penuh berkah ini?

Bagi sebagian orang, bulan puasa tidak hanya dijadikan waktu untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya tapi juga dijadikan ajang untuk melakukan program diet sehat. Dengan langkah-langkah benar yang dilakukan, kamu bisa lho untuk tetap diet selama berpuasa.

Emang nggak bakalan lemes? Nggak dong, asalkan kamu baca tips di bawah ini!

Berikut ini tips yang bisa dilakukan supaya badan tetap sehat ketika melakukan program diet, walau sedang berpuasa. Simak bareng yuk!

1. Perhatikan Asupan Nutrisi saat Sahur dan Berbuka

Ilustrasi Memperhatikan Asupan Nutrisi saat Sahur dan Berbuka (KlikDokter)

Gengs, cara pertama yang harus dilakukan supaya badan tetap sehat ketika diet di tengah waktu melakukan ibadah puasa adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk saat sahur dan berbuka.

Makanan yang dimakan bukan hanya tentang enak atau yang penting perut terisi aja. Kamu juga perlu untuk memakan makanan yang memiliki nutrisi lengkap dan gizi seimbang. Sederhana aja kok, kamu cukup dengan memenuhi karbohidrat, protein, dan serat disaat waktu sahur maupun berbuka.

Untukmu yang sering kali merasa lapar, mengkonsumsi banyak serat dari sayuran dan buah-buahan sangatlah baik. Hal ini karena serat akan dicerna oleh tubuh dengan waktu yang lama dan akan membuatmu kenyang lebih lama.

2. Kurangi Konsumsi Gorengan dan Makanan Manis

Memakan gorengan dan makanan atau minuman manis memang terasa sangat lezat, bukan? Biasanya berbagai macam gorengan hingga minuman manis akan mudah ditemukan di waktu berbuka puasa.

Namun karena kamu sedang menjalani program diet, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi gorengan dan makanan atau minuman manis. Mengurangi bukan berarti menghindari, kok! Supaya kamu dapat lebih enjoy melakukan program diet, sesekali memakannya dengan porsi kecil bukanlah sebuah masalah.

3. Tidak Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa

Terkadang kita merasa kalap ketika melihat banyak makanan di depan mata saat waktunya berbuka puasa. Berbuka layaknya waktu balas dendam karena seharian telah menahan haus dan lapar.

Karena kamu sedang melakukan program diet, berusahalah untuk tidak kalap memakan banyak makanan di depan mata. Perhatikan porsi makan dan kalori dari makanan yang kamu makan. Hal ini tentu untuk menghindari kenaikan berat badan saat berpuasa.

4. Memperbanyak Minum Air Putih



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"